Tangkapan layar video viral hoax telur palsu

Video Viral Hoax Telur Palsu Muncul Lagi

SapaDokter 18 March 2018 11:30 WIB

Isu telur palsu lagi-lagi menjadi viral di media sosial. Kali ini video telur palsu banyak bersumber dari akun Facebook, Qfho Fadila Stekpi. Dari akun ini pula video viral telur palsu telah dibagikan sebanyak 75.068 kali.

Isu soal keberadaan telur palsu ini sebenarnya bukan kali ini saja. Sepuluh tahun silam juga sempat ramai soal telur palsu yang katanya ditandai dengan adanya garis hitam serta bagian kuning yang tampak tidak bulat sesudah direbus. Nyatanya, kemudian diketahui bahwa itu telur afkir alias telur tidak layak tetas, yang kemudian digembar-gemborkan sebagai telur palsu.

Tahun 2018, isu telur palsu mengemuka kembali setelah viral video tangan seorang ibu yang memecahkan telur, lantas memegang bagian kuning telur dan bagian itu tidak mudah pecah. Serta, katanya lagi, di bagian kulit ada lapisan mirip kertas.

Mengutip tulisan Alexander Arie dalam situs www.mojok.co telur adalah salah satu mahakarya Sang Kuasa. Gambarannya, volume darah untuk unggas berbobot 1,5 kilogram adalah 75 mililiter. Konsentrasi alias kandungan maksimal kalsium dalam darah adalah 30 miligram per 100 mililiter sehingga kandungan kalsium dalam tubuh unggas petelur hanyalah 25 miligram. Padahal, dalam kulit dari telur yang bobotnya 60 gram, terkandung sekitar 2,3 gram kalsium.

Pembentukan kulit sendiri merupakan proses paling panjang dalam terbentuknya suatu telur, sekaligus bukti keterlibatan Tuhan yang luar biasa. Makanya kulit telur selalu mulus tanpa bekas las.

Pada intinya, kompleksitas kulit telur saja sudah menggambarkan betapa sangat membingungkannya struktur sebuah telur. Maka jangan heran kalau urusan telur ini sebenarnya adalah wujud nyata campur tangan Tuhan dalam kehidupan di dunia.

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian Syamsul Maarif di media menyebut bahwa “Secara akal sehat, telur palsu akan jauh lebih mahal dari aslinya.

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Mar 2020 07:07 WIB

Kemarin, Hoax Semprot Racun Malaysia dan Positif Corona Sidoarjo

Nasional

Berita kemarin. Hoax semprot racun dari Singapura.

19 Mar 2020 11:15 WIB

Tuduhan Hoax, Wali Kota Malang Meminta Maaf kepada Media

Jawa Timur

Wali Kota Malang menghargai produk jurnalistik para wartawan

16 Mar 2020 15:02 WIB

Rokok dan Jahe Sembuhkan Corona, Hoax atau Fakta?

Nasional

Banyak informasi hoax menyesatkan di tengah wabah Corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.