Seorang penyelam asal Inggris, menunjukkan sampah plastik di perairan Nusa Perida, Bali. (Instagram)

Video Viral: Menyelam di 'Lautan Plastik' Perairan Nusa Penida Bali

08 Mar 2018 18:43

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Bali dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya. Namun, baru-baru ini beredar sebuah video seorang penyelam asal Inggris, Rich Horner.

Dilansir dari akun instagram @bbcindonesia, dalam video itu Rich menunjukkan betapa banyaknya sampah plastik di perairan laut Nusa Penida, Bali. Hal ini tentu, bukanlah sebuah citra yang baik bagi Indonesia.

Seorang ahli oseanografi dari LIPI, Muhammad Reza Cordova pun mengatakan, jika sejauh ini belum ada data resmi terkait jumlah sampah plastik di laut Indonesia. Akan tetapi, indikasi tersebut harus dianggap sebagai ancaman.

“Keberadaan sampah plastik bukanlah sekadar masalah estetika masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut, tetapi ada masalah lain, yaitu ancaman terhadap karang Indonesia yang memiliki banyak ragam, alam yang bagus, coral reef triangle, dan menjadi pusat karang dunia,” ujarnya.

Reza juga menambahkan, dengan adanya sampah plastik ini merupakan ancaman yang besar bagi Indonesia. Apalagi Indonesia dikenal akan kekayaan alamnya. “Adanya sampah plastik, sedikit atau banyak, tentu saja menjadi ancaman besar untuk kita,” tambahnya.

Selain itu, Reza juga berkata bahwa kerusakan terumbu karang akan mengancam kehidupan manusia dengan berkurangnya habitat ikan yang menjadi salah satu mata pencaharian para nelayan.

“Terumbu karang itu tempat hidup dan berkembang biak ikan. Nelayan akan mencari ikan tak jauh dari area terumbu karang. Kalau area ini rusak, ikannya juga akan terganggu. Akibatnya, manusia tidak dapat bahan pangan dari laut. Padahal di masa mendatang, sumber pangan dari laut itu akan lebih banyak dari pangan di darat,” ujarnya lagi.

Video yang sudah menjadi viral ini, sudah ditonton hingga 3.900 kali dan mendapat berbagai komentar dari netizen.

@momodenah: “Miris kan.... Masi banyak masyarakat indonesia yg masih 'berbudaya buang sampah sembarangan' . Jangan kan di laut atau sungai . Di jalan raya aja masi banyak masyarakat buang sampah sembarangan . Pengendara yang buang puting rokok sembarangan jugaa masiiii banyakkkk....”

@shhza0127: “Malu kalo udah kaya gini ..”

@shafa_mukarromah: “Prihatin,”