Video Ulama Cium Hajar Aswad Ulama Asal Yaman, Bukan Mbah Moen

06 Aug 2019 11:47 Nasional

Berita kematian KH Maimun Zubair atau akrab disapa Mbah Moen, Selasa 6 Agustus 2019 pukul 04.17 waktu Arab Saudi viral. Sang kiai menghembuskan nafas terakhir saat bersiap melaksanakan ibadah haji.

Tiba-tiba beredar video 'Mbah Moen mencium Hajar Aswad untuk terakhir kalinya'.
Video berdurasi 21 detik itu, memperlihatkan seorang pria tua berpakaian putih tampak dari belakang. Ia mendapat pengawalan khusus dari petugas keamanan Masjidil Haram (Askar).

Sejumlah pria berseragam mendampingi pria tersebut agar bisa mencium Hajar Aswad. Setelah itu mereka menuntunnya kembali ke kursi roda.

Jika ditelusuri kebenarannya, video tersebut bukan almarhum Mbah Moen. Video itu diunggah akun Instagram @habibahmad_aliassegaf dan beberapa akun YouTube sejak akhir Januari 2019. Namun video itu kembali viral hari ini ketika Mbah Moen wafat.

Sosok tersebut sebenarnya adalah seorang ulama asal Yaman, Habib Syech bin Abdullah al-Habsyi. “Masya Allah...Al Habib SYECH BIN ABDULLAH AL HABSYI...dengan mudahnya beliau mencium HAJAR ASWAD..semua Askar polisi yg bertugas mempersilahkan & mensterilkan ruang agar sang Habibul barokah ini bisa dgn leluasa menciumnya,” tulis @habibahmad_aliassegaf.

Dalam video itu, Habib Syech al-Habsyi mengenakan sarung, baju dan serban putih, serta serban berwarna hijau yang disematkan di lehernya. Semula sang ulama dipapah dua orang dari kursi rodanya. Habib Syech kemudian diarahkan untuk menuju ke Hajar Aswad.

Pada saat yang bersamaan, beberapa Askar terlihat sedang menahan para jamaah lainnya di Masjidil Haram dengan sekuat tenaga agar mereka tidak mendekat ke Hajar Aswad, mengingat Habib Syech sedang menuju ke sana.

Ketika sampai di depan Hajar Aswad tepat, Habib Syech kemudian ‘memasukkan’ kepalanya dan mencium batu hitam itu sebanyak tiga kali. Sebagaimana diketahui, Hajar Aswad adalah batu hitam yang awal mulanya berasal dari surga.

Semula dikatakan kalau Hajar Aswad berwarna putih, namun karena dosa-dosa manusia yang menciumnya maka kemudian batu ini berubah menjadi hitam.

Mencium dan mengusapkan tangan pada Hajar Aswad merupakan salah satu dari syariat agama. Hal ini sesuai dengan kisah Sayyidina Umar bin Khattab yang mendatangi Hajar Aswad dan kemudian menciumnya. Ketika itu, Sayyidina Umar mengatakan bahwa dirinya mencium batu hitam itu karena Nabi Muhammad juga melakukannya.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini