Video Sukhoi Superjet-100 Jatuh dan Terbakar, 41 Orang Tewas

06 May 2019 10:49 Internasional

Nahas, pesawat jenis Sukhoi Superjet-100 milik maskapai Aeroflot mengalami kebakaran, tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sheremetyevo di Moskow. Sejumlah rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan para penumpang turun menggunakan peluncur darurat di bagian depan pesawat seraya menghindari kobaran api.

Pihak Aeroflot mengatakan pesawat itu terpaksa kembali ke bandara "karena alasan-alasan teknis", tapi tidak memberikan rincian. Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Sheremetyevo pada pukul 18.02 waktu setempat (22.02 WIB) dengan tujuan Kota Murmansk, sebuah kota di utara Rusia.

Kru pesawat melepas sinyal darurat ketika "malfungsi" terjadi beberapa saat setelah mengudara. Seusai pesawat berbalik ke bandara dan mendarat darurat, mesin pesawat dilalap api di landasan pacu, sebut pernyataan Aeroflot.

Para kru melakukan segala upaya untuk menyelamatkan penumpang-penumpang" yang dievakuasi dalam 55 detik.

Menurut Komite Penyelidik Rusia Elena Markovskaya seperti dikutip dari Russia Today, sebanyak 78 penumpang pesawat, hanya 37 yang selamat. Sebelumnya diberitakan 13 orang meninggal, termasuk dua anak. Namun, sesaat kemudian jumlah korban meninggal bertambah banyak menjadi 41 orang.

"Enam dari 37 orang yang diselamatkan telah dilarikan ke rumah sakit. Tiga korban selamat berada dalam perawatan intensif setelah menderita luka bakar dan mengirup asap," ujar Menteri Kesehatan Moskow, Veronia Skvortsova.

Kantor berita Interfax mengutip sebuah sumber yang menyebut mesin pesawat dilalap api di landasan pacu setelah mendarat dengan keas, bukan saat mengudara sebagaimana dilaporkan sebelumnya.

Berbagai laporan juga mengindikasikan pesawat itu tidak berhasil mendarat darurat pada upaya pertama.

Sementara rekaman CCTV yang bocor ke media menunjukkan pesawat Sukhoi Superjet-100 telah berusaha mendarat. Pesawat terlihat memantul dan menabrak landasan pacu dengan kekuatan penuh saat mesin terbakar. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini