Aksi Serma Timbul Purwoto panjat tiang setinggi 9 meter demi berkibarnya merah putih. Foto: IG/kabarklaten.

Video: Serma Timbul Panjat Tiang Demi Berkibarnya Merah Putih

Nasional 18 August 2018 07:24 WIB

Aksi Serma Timbul Prawoto memanjat tiang bendera viral di media sosial, setelah video yang memperlihatkan aksinya diunggah di akun Instagram @kabarklaten.

Anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 20 Cawas, Kodim 0723/Klaten ini secara spontan naik tiang bendera untuk membetulkan tali bendera yang putus saat upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73

Kemerdekaan RI di Lapangan Barepam Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat 17 Agustus 2018.

Gangguan dalam prosesi pengibaran bendera berawal ketika petugas membentangkan bendera. Kait yang sebenarnya sudah terpasang pada tali bendera justru terlepas dan tertarik ke atas.

Akibatnya, pengibaran bendera tak bisa dilaksanakan. Padahal saat itu bendera sudah beberapa tarikan dan lagu Indonesia Raya sudah berkumandang.

Saat itu posisi Serma Timbul memang berada tak jauh dari tiang bendera. Secara spontan dia langsung memanjat tiang bendera yang tingginya sekitar 9 meter itu.

Beruntung, pengibaran bendera pun langsung dilanjutkan. Bendera akhirnya berada di puncak tiang di akhir lagu Indonesia Raya.

Serma Timbul mengatakan aksinya hanya spontanitas. Jiwanya merasa terpanggil untuk 'menyelamatkan' pengibaran bendera dengan mengambil kait di puncak tiang bendera.

"Sebenarnya tiang itu goyang-goyang, tapi saya tidak mikir bagaimana kalau jatuh. Pikiran saya itu, saya harus bisa mengambit pengait itu," tuturnya.

Sang komandan rupanya melihat aksi heroik anggotanya. Ia pun mengapresiasi sikap Serma Timbul yang tanggap dan cekatan memanjat tiang bendera sehingga pengibaran bendera merah putih tetap berlangsung.

"Serma Timbul Prawoto ini merupakan prajurit yang cakap dan cerdas. Di saat kondisi seperti itu (tali bendera lepas), dia langsung memanjat tiang dan mengambil tasnya. Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kepada dia," tutur Komandan Kodim 0723/Klaten, Letkol Inf Eko Setyawan. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Jul 2020 13:10 WIB

Covid-19, Daging Kurban di Kediri Dibagikan Bhabinkamtibmas

Jawa Timur

Bhabinkamtibmas juga dibantu anggota Babinsa.

13 Jul 2020 20:05 WIB

Cegah Penolakan Jenazah Covid-19, Babinsa Kediri Dapat Pelatihan

Jawa Timur

Babinkamtibmas dibekali pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19.

13 Jul 2020 11:30 WIB

Pola Baru Pengibaran Bendera HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka

Nasional

Latihan bendera digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...