Video: Ribuan Orang Antar Jenazah Razan Najjar, Perawat Cantik Asal Palestina Ditembak Tentara Israel

03 Jun 2018 13:12 Internasional

Ribuan warga berkumpu di Gaza, Palestina pada Sabtu (2/5/2018). Mereka mengantarkan jenazah Razan Ashraf Al-Najjar, relawan medis Palestina yang meninggal dunia setelah ditembak tentara Israel.

Gadis 21 tahun itu ditembak mati tentara Israel di dekat pagar perbatasan, Jumat (1/6/2018). Para saksi mengatakan Najjar meninggal setelah ditembak di dada.

Dalam video yang diunggah channel YouTube Ruptly, orang-orang itu berteriak sepanjang jalan sambil mengibarkan bendera Palestina.

Sesekali terdengar ucapan takbir dari mulut mereka. Isak tangis pun mengiringi perjalanan mengantarkan Najjar ke peristirahatan terakhirnya.

Terlihat pula beberapa paramedis berseragam warna putih memegang bendera Palestina dan foto Najjar, mereka berbaris saat prosesi pemakaman.

Di sana ada ayah Najjar yang berjalan memegangi seragam putih sang putri. Seragam itu awalnya bersih tapi kini dipenuhi darah Najjar.

Lebih dari 115 orang telah terbunuh sejak aksi protes di perbatasan yang berakhir Maret lalu. Namun Razan merupakan satu-satunya wanita yang menjadi korban tewas. Korban pertama adalah seorang remaja.

Foto peristiwa penembakan Razan cepat beredar dengan memperlihatkan sekelompok pria membawa relawan ini yang tengah mengenakan pakaian putih. Kepalanya miring ke belakang dan tangannya yang masih mengenakan sarung terlihat terjuntai di sekitar bahu mereka.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini