Video: Penutupan Rumput GBK untuk Konser Guns N' Roses

08 Nov 2018 12:30 Musik

Konser bertajuk 'Not In This Lifetime Tour' ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 8 November 2018. Axl Rose, Duff McKagan, Slash, Dizzy Reed, Richard Fortus, Frank Ferrer, dan Melissa Reese dipastikan akan tampil dalam konser ini.

Demi melindungi rumput hijau, pihak pengelola SUGBK mewajibkan pihak penyelenggara konser menutup rumput lapangan dengan grass cover berstandar internasional.

Humas GBK melalui akun Instagram, @love_gbk, menginformasikan bahwa Football Stadiums Technical Recommendation dan Requirements yang disusun oleh FIFA pernah menyebut bahwa stadion sepakbola dapat digunakan untuk acara hiburan seperti konser, festival dan beragam kegiatan lainnya. Begitupun dengan GBK.

Penampakan lapangan rumput SUGBK dipasang grass cover untuk panggung konser Guns N Roses Foto IGlovegbk
Penampakan lapangan rumput SUGBK dipasang grass cover untuk panggung konser Guns N' Roses. Foto: IG/love_gbk.

Pihak penyelenggara konser Guns N' Rosses sudah melakukan pemasangan grass cover sejak 5 November 2018, dan akan dibuka pada 8 November 2018, langsung setelah konser berakhir.

Grass cover yang digunakan terbagi dalam 2 jenis, yaitu armor deck 1 dan armor deck 3.
Armor deck 1 digunakan khusus untuk menutup permukaan rumput, dan setiap meter persegi blok mampu menopang beban seberat 300 Kg, dengan permukaan yang memiliki pori-pori sehingga sirkulasi udara tetap terjaga dan rumput tetap dapat tumbuh.

Sedangkan armor deck 3 digunakan khusus untuk menutup permukaan track atletik yang mampu menopang beban sebesar 600 Kg hingga 900 Kg per meter persegi.

Dengan menggunakan grass cover standar internasional ini dipastikan dapat menagan beban panggung maupun penonton, sehingga lapangan rumput dan track atletik yang ada di SUGBK dapat tetap terjaga dengan baik. (yas)

View this post on Instagram

Pemasangan Armor Deck di Stadion Utama GBK Berdasarkan panduan yang disusun oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA) yang merupakan federasi internasional sepak bola yang dituangkan pada Football Stadiums: Technical Recommendation dan Requirements memberi rekomendasi bahwa stadion sepakbola dapat digunakan untuk acara hiburan seperti konser, festival dan beragam kegiatan lainnya. Sesuai dengan semangat pasca renovasi yang menjadikan venue Gelora Bung Karno (GBK) menjadi multifungsi, Pengelola GBK berupaya untuk meningkatkan penggunaan venue tidak hanya digunakan untuk olahraga saja melainkan berbagai event non olahraga. Dalam waktu beberapa hari kedepan di Stadion Utama GBK akan digelar Konser Guns n Roses bertajuk, “Not In This Lifetime Tour 2018”. Penyelenggara kegiatan harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh GBK. Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh pihak penyelenggara yaitu harus menutup permukaan rumput dengan grass cover berstandar internasional. Grass cover mulai dipasang sejak tangal 5 November 2018 dan akan dibuka pada 8 November 2018 langsung setelah konser berakhir. Grass cover yang digunakan terbagi dalam 2 jenis yaitu armor deck 1 dan armor deck 3. Armor deck 1 digunakan khusus untuk menutup permukaan rumput, dan setiap meter persegi block-nya mampu menopang beban seberat 300 kg, dengan permukaan yang memiliki pori-pori sehingga sirkulasi udara tetap terjaga dan rumput tetap dapat tumbuh. Sedangkan armor deck 3 digunakan khusus untuk menutup permukaan track atletik yang mampu menopang beban sebesar 600 kg hingga 900 kg per meter persegi. Dengan menggunakan grass cover standar internasional ini dipastikan dapat menahan beban panggung maupun penonton sehingga rumput dan track altetik yang ada di Stadion Utama GBK dapat tetap terjaga dengan baik. . . . Video by Humas GBK #gbkkeren #gbkjamannow #ayokegbk #ayojagagbk #gbk #gbkmainstadium #gbksenayan #rumput #grasscover #stadionutamagelorabungkarno

A post shared by Gelora Bung Karno SportComplex (@love_gbk) on

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini