Salah satu pemakaman korban pandemi Covid-19 alias Virus Corona saat dimakamkan. (Foto: Istimewa)

VIDEO: Miris, Jenazah Positif Corona Ditolak Warga di Purwokerto

Nasional 01 April 2020 07:16 WIB

Miris! Pasien positif Virus Corona (COVID-19) di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, meninggal dunia. Sayangnya, jenazahnya sempat mendapat penolakan dari warga di tiga lokasi pemakaman.

Pasien itu, beralamat Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur dirawat di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto meninggal pada Selasa, 31 Maret 2020.

Sedianya, pasien Covid -19 dimakamkan di Pemakaman Umum Kebondalem, Purwokerto. Warga menolak jenazah dikuburkan di pemakaman setempat karena warga takut virus masih bisa menulari mereka.

Mereka beralasan, lokasi pemakaman berada di tengah padat penduduk. Selain itu lokasi pemakaman sudah terbatas atau sudah penuh. Penolakan disampaikan petugas penggali kubur. Mereka bahkan, menolak membantu proses pemakamannya.

"Miris sekali, korban meninggal Covid 19 di Purwokerto ditolak di banyak lokasi. Akhirnya dimakamkan di daerah Wangon yang jauh dari Purwokerto. Itu pun juga terkesan seadanya...Miris banget...!," komentar seorang warganet, Fahrurrozi, Rabu dinihari 1 April 2020.

Berikut Video jenazah yang ditolak pemakaman oleh warga:

Berdasarkan informasi petugas di  Kelurahan Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan, warga Teluk menolak pasien dimakamkan di Teluk karena yang bersangkutan sesuai KTP bukan warga Teluk tetapi Warga Kelurahan Purwokerto Lor.

Dan hasil koordinasi dan informasi dari Kepala Sekda Kab. Banyumas Bapak Ir. Wahyu Budi Saptono, M. Si, pemakaman dilaksanakan di pemakaman Desa Kedungwringin atau komplek Bong Cina Kecamatan Patikraja. Namun warga setempat juga menolak Warga takut virus bakal menular ke warga sekitar TPU.

Bupati sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banyumas Achmad Husein ketika dikonfirmasi belum memberikan tanggpan soal penolakan jenazah pasien covid 19. Namun informasinya jenazah dikubur di TPU Kecamatan Wangon.

Melalui video di akun Instagram pribadinya @ir_achmadhusein, Selasa, 31 Maret 2020.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Jun 2020 00:20 WIB

Ki Gendeng Pamungkas Dikebumikan Dekat Makam Ibu di Sawangan Depo

Tokoh

Paranormal Ki Gendeng Pamungkas meninggal karena komplikasi diabetes.

07 Jun 2020 00:01 WIB

Sementara, Selamanya Karya Reza Rahadian saat Pandemi Corona

Film

Sementara, Selamanya karya Reza Rahadian sebagai sutradara dan aktor.

06 Jun 2020 23:45 WIB

Viral Poster Kelas Poligami Rp3,5 Juta

Nasional

Kelas Poligami membuka program yang diasuh oleh praktisi poligami.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...