Video Marc Marquez Terpental dari Motor, Tak Bernafas 5 Detik

05 Oct 2019 13:00 MotoGP

Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez mengalami kecelakaan tunggal di tikungan ke-7 MotoGP Thailand, pada sesi latihan bebas pertama (FP1) di Sirkuit Chang, Sabtu 4 Oktober 2019.

Saat melaju di tikungan ke-7, Marc Marquez tiba-tiba kehilangan grip band belakang dan mengalami kecelakaan. Motor tunggangan nomor 93 milik Marc Marquez berputar-putar, bahkan sempat terlempar hingga menghantam tanah dengan keras. Motornya ringsek, terutama di bagian belakangnya yang paling parah.

Tubuh Marc Marquez ikut terpental dari motornya. Ia sempat sulit bernafas selama 5 detik ketika tergeletak di gravel. Pria 26 tahun itu sempat dibantu petugas untuk berdiri dan mencoba berjalan kaki.

Marc Marquez sempat dibawa ke Medical Center Sirkuit Chang. Karena mengeluh rasa sakit pada leher, punggung, dan pinggang sebelah kiri, Marc Marquez langsung dilarikan ke rumah sakit.

Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig mengatakan, Marc Marquez menjalani scan MRI. Hasilnya tidak ada keretakan tulang apapun.

Merasa fit, dua jam kemudian Marquez bisa mengikuti sesi latihan bebas kedua (FP2). "Itu adalah mimpi buruk, selama sekitar lima detik saya tidak bisa bernafas," ungkap Marc Marquez, dikutip dari mirror.co.uk.

Ia kemudian mengunggah video dan foto-foto kecelakaan dirinya di akun Twitter @marchmarquez93.

Marc Marquez menduga dirinya melakukan kesalahan ketika melibas tikungan tersebut. Ketika menutup gas, ban belakangnya sedikit terkunci akibat engine brake. Dugaan lainnya, ban yang dipakai belum mencapai suhu optimal serta kondisi sirkuit yang sedikit kotor.

"Ini bukan masalah mekanik, lebih karena kesalahan saya sendiri. Selain cara berkendara yang sedikit berubah, mungkin juga karena ban belum siap atau saya melaju di bagian trek yang kotor," ungkapnya.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini