Video goyang penguin DPRD Sdioarjo yang viral di media sosial. (Twitter @qonita_mumtazah)

Video Joget Penguin DPRD Sidoarjo Berlabel Kominfo

Reportase 23 July 2020 09:40 WIB

Video joget penguin DPRD Sidoarjo viral di jagat media sosial. Di Whatsapp video serupa muncul dengan keterangan Kominfo Sidoarjo pada bagian atas. Terdapat keterangan lokasi dan tempat video dibuat pada bagian bawahnya. Video joget penguin ini sebelumnya sudah viral di sejumlah media sosial lainnya seperti Twitter dan Youtube.

Pada video dengan durasi 2.41 menitan itu menunjukkan senam  penguin dilakukan oleh sejumlah peserta di ruangan berbeda. Pada keterangan video, tertulis jika senam dilakukan saat Rapat Paripurna II Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Tentang Raperda Pertanggungjawaban APBD tahun 2019.

Dalam video itu memperlihatkan sejumlah pejabat laki-laki dan perempuan sedang berdiri dan berjoget ala penguin. Terdengar suara iringan lagu ringan yang banyak disebut warganet populer di media sosial Tiktok. Seorang instruktur perempuan berseragam PNS memandu gerak joget di ruangan Paripurna DPRD Kabupaten Sidoarjo. Seluruh peserta joget di ruangan itu terlihat menggunakan masker dan berdiri dengan menjaga jarak.

Pada bagian lain video juga menunjukkan sekelompok pekerja dengan baju atasan biru ikut berjoget penguin. Bedanya mereka menggunakan topeng menyerupai penguin dan bersenam di luar ruangan.

Video serupa sudah tayang sebanyak 32 ribu kali sejak diunggah 16 Juli 2020 lalu di Twitter. Komentar warganet pun beragam. Akun @qonita_mumntazah membagikan video ini pada 16 Juli 2020 lalu. Ia mengomentari joget penguin dengan melibatkan pendapat akademisi kontroversial, Rocky Gerung. "Pada lagi ngapain bapak-bapak ini. Ingat anak, ingat umur, ingat cucu, ingat jabatan, ingat rakyat, Pak..Bu... Apa ini yang dikatakan Rocky Gerung, pejabat negatif corona positif stupid nya. Kok aku malu ya melihat ini," tulisnya. Komentar senada pun banyak terlihat dalam kolom komentar dari unggahan ini.

Namun, ada pula yang memberikan komentar berbeda. Akun @syarifAlkadrie3 misalnya, mengatakan jika senam penguin adalah ice breaking untuk melenturkan otot dan otak supaya tidak tegang. "itu ice breaking, dengan senam penguin, biasanya dilakukan ketika ada acara yang menyita waktu dan tenaga di dalam ruangan. Supaya otot-otot tidak tegang dan lebih fresh untuk melanjutkan acaranya," cuitnya. Pendapatnya pun banyak mendapat respon senada dari werganet lainnya. Ada banyak yang membenarkan pendapatnya.

Meski ada pula yang mengomentari komentar ini dengan mengaitkannya dengan Islam. Seperti akun @ZULKIFL21465232 yang mencuit, "kira-kira dalam Islam ada ngajarin atau sesuai nggak yah yang model gini?. Bawa salat pikiran jadi tenang dan fresh lagi, waktu istirahat saja agak diperpanjang,” cuitnya.

Sebelumnya, seperti diberitakan oleh Ngopibareng.id, salah satu anggota DPRD Sidoarjo mengatakan jika senam dilakukan agar tubuh rileks dan imun meningkat. "Maksud dan tujuannya luar biasa itu, orang supaya berkeringat dan rileks. Dalam kondisi seperti ini otomatis imun terjaga," kata anggota DPRD Sidoarjo, Sullamul Hadi, dikutip dari tayangan televisi dan Youtube.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 06:33 WIB

Menjadikan Putra Meraih Ilmu Penuh Berkah, Ini Resepnya

Khazanah

Sesuai pesan wasiat KH Maimoen Zubair, Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...