Video Ini Membongkar Rahasia 'Cincin Ajaib' Ahok Bisa Nyala

29 Jan 2019 11:33 ngopiBEBAS

Keluar dari penjara Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok langsung menyapa publik lewat vlog di saluran YouTube miliknya, 'Panggil Saya BTP', Jumat 25 Januari lalu.

Dalam vlog berdurasi 9 menit, Ahok pamer batu akik merah delima yang disebutnya sebagai cincin ajaib ke putra sulungnya, Nicholas Sean Purnama.

Batu cincin tersebut menyala saat diolesi air mineral. Nicholas sempat kaget. Dia diam sesaat dan kemudian menduga batu akik itu menyala karena ada baterainya. Tapi Ahok yang sekarang ingin dipanggil BTP menepisnya.

Menanggapi vlog tersebut, raja sulap yang mempunyai nama panggung Van Gabriel, membuat video tandingan untuk membongkar rahasia dibalik batu akik yang menyala milik Ahok pemberian Ketua DPD sekaligus Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO)

Dugaan anak Ahok bahwa di dalam batu akik itu ada batrainya ternyata dibenarkan oleh Van Gabriel. Batu-batu menyala itu biasa dijual di toko khusus alat sulap.

Sebelum memperlihatkan isi dalam batu akik, Van Gabriel terlebih dulu memperlihatkan trik sulap pakai batu menyala yang biasa dimainkan untuk menghibur penonton.

Selanjutnya, ia memperlihatkan koleksi cincin dan batuan warna warni yang bisa menyala. Tak hanya merah, ada batu warna hijau dan biru.

Momen yang dinanti pun tiba, yakni Van Gabriel memecahkan batu menyala. Setelah batuan itu pecah, terungkap isinya memang baterai jam kecil, atau biasa juga dipakai di kalkulator.

Senada dengan Van Gabriel, Sujatmiko, ahli batu lulusan ITB sekaligus Ketua Masyarakat Batu Mulia Indonesia juga membenarkan bahwa tidak ada batu bisa dipegang menyala sendiri. Ia mempersilahkan untuk membaca bukunya berjudul '100 Cerita Batu Mulia Indonesia'.

"Itu (batu menyala) ada baterai jam kecil dan terminal di dalamnya. Jadi bisa menyala saat dipegang," ungkap Sujatmiko.

Ia beberapa kali pernah mendapat pertanyaan atau konsultasi soal batu seperti itu dari masyarakat.

Sujatmiko kemudian menjelaskan, baru Merah Delima atau MD sebenarnya batu rubi. Ia tak pernah percaya soal batu merah delima yang katanya ajaib.

"MD yang asli dan natural tak bisa menyala. Kalau katanya batu mistis, ada jin, kenapa jin enggak diam di batu berlian atau jamrud yang mahal," canda Sujatmiko. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini