Pengacara Hotman Paris di lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, saat melayat Gus Sholah pada Senin, 3 Februari 2020. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Video Hotman Paris Lesehan Di Belakang Orang Salat, Ini Faktanya

Nasional 04 February 2020 12:00 WIB

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah meninggal dunia, Minggu 2 Februari 2020 pukul 20.55 WIB.

Gus Sholah mengalami fase kritis usai menjalani operasi jantung di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Sejumlah tokoh publik berduka atas berpulangnya Gus Solah tak terkecuali Hotman Paris Hutapea.

Merespons kabar duka ini, Hotman Paris menyatakan duka cita. Dari Bali, Hotman Paris bertolak menuju Pesantren Tebuireng untuk menghadiri pemakamanan Gus Sholah, Senin 3 Februari.

Hotman Paris sempat membagikan beberapa momen melayat Gus Sholah lewat Instagram pribadinya, @hotmanparisofficial.

Salah satu video memperlihatkan Hotman Paris tengah lesehan di belakang orang yang sedang salat berjamaah. Ada pula makanan ringan yang disajikan di hadapan Hotman Paris.

Video tersebut tentu saja menarik perhatian publik, terlebih lagi Hotman Paris bukan seorang muslim.

Namun sebelum menimbulkan prasangka buruk, Hotman memberi penjelasan pada keterangan videonya. Rupanya, Hotman kala itu tengah menunggu kedatangan jenazah Gus Sholah dari Jakarta.

Hotman Paris mengaku bergegas keluar ketika orang-orang mau menunaikan ibadah salat dzuhur, namun diminta para kiai untuk menunggu di ruangan yang dipakai salat berjamaah.

"Netizen jangan nyinyir dulu! Sebelum tiba jenazah Gus Solah maka para Kyai sholat dzhuhur di rumah peninggalan pendiri Nu (Hasyim Asy’ari). Hotman sudah mau keluar ruangan tapi oleh para kiai di suruh duduk dan dikasih makan," tulis Hotman.

"Sejak awal pertemuan akrab karena Hotman sudah pernah diundang Tebuireng dan di kasih gelar Gus (muka Hotman capek kusam terbang dari bali ke Jombang)" sambungnya.

Postingan Hotman Paris itu sontak dibanjiri respons positif dari netizen. Banyak yang takjub melihat pemandangan indahnya toleransi, bahkan ada juga yang berharap pria 60 tahun itu mendapat hidayah menjadi mualaf.

Persahabatan Hotman Paris dan Gus Solah sangat erat. Saking hangatnya, Gus Solah menggelari Hotman Paris Gus Lora. Gelar ini diberikan lantaran pengacara flamboyan itu konsisten memberikan bantuan hukum kepada mereka yang kurang mampu.

Berikut ini video kenangan Hotman Paris dengan almarhum Gus Sholah:

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Mar 2020 04:23 WIB

Tolak Monopoli Informasi Status Covid-19, AJI Sebarkan Petisi

Nasional

AJI galang dukungan transparansi informasi status covid-19.

30 Mar 2020 03:59 WIB

Banyuwangi Laporkan Kasus Pertama Infeksi Covid-19

Jawa Timur

Banyuwangi Umumkan Satu Pasien Positif Covid-19.

30 Mar 2020 02:15 WIB

Survei Sebut Prabowo Kinerjanya Paling Baik

Nasional

Lembaga survei Charta Politika  mempublikasikan hasil survei kinerja

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.