Zumi Zola berstatus tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Video: Heboh Penampakan Zumi Zola di Bandara

Korupsi 17 September 2018 08:24 WIB

Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola didakwa menerima gratifikasi dengan total nilai Rp44 miliar dan mobil Toyota Alphard. Gratifikasi itu disebut diterima Zumi sejak ia menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Selain itu, Zumi juga didakwa menyetor dana Rp 16,490 miliar ke DPRD Jambi. Uang itu disebut untuk mempermulus pengesahan Rancangan Perda APBD Jambi tahun 2017-2018.

Namun, di tengah kasus yang telah masuk tahap persidangan di Pengadilan Tipikor tersebut, sebuah akun gosip @lambe_turah mengunggah video Zumi sedang berada di bandara.

Hal itu langsung mengundang komentar miring netizen lantaran mantan tunangan Ayu Dewi ini sedang ditahan karena tersangkut kasus dugaan gratifikasi dan suap.

Pengacara Zumi, Muhammad Farizi mengatakan, video itu merupakan kejadian beberapa bulan lalu.

Saat itu, Zumi yang berstatus tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), baru saja tiba dari Jambi usai menjadi saksi di persidangan anggota DPRD Jambi Supriono, yang merupakan ditangkap dan kemudian ditetapkan sebagai tersangka suap oleh KPK.

"Kalau saya lihat video itu, kalau tidak salah itu beberapa bulan yang lalu bersama saya juga untuk hadir sebagai saksi dalam persidangan atas nama terdakwa Supriono," jelas Farizi.

Dia mengatakan, saat itu Zumi dan dirinya dikawal oleh petugas KPK. Zumi disebutnya pergi ke Jambi pada pagi hari dan kembali lagi ke Jakarta sore hari dengan pengawalan petugas.

"Saat itu beliau (Zumi) sudah ditahan dan didampingi pengawal tahanan KPK naik pesawat pukul 06.00 WIB pagi dari Jakarta, sore langsung balik lagi ke tahanan," terang Farizi. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Apr 2019 16:21 WIB

Mobil Milik Zumi Zola Dilelang KPK

Korupsi

Zumi Zola telah divonis oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta dengan pidana penjara 6 tahun ditambah denda Rp500 juta

15 Dec 2018 17:55 WIB

Zumi Zola dieksekusi ke LP Sukamiskin

Korupsi

KPK mengeksekusi Zumi Zola ke Sukamiskin setelah Vonis korupsi terhadapnya berkekuatan hukum tetap.

06 Dec 2018 20:25 WIB

Pencabutan Hak Politik Bagi Koruptor Dinilai Penting

Korupsi

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pencabutan hak politik Gubernur Jambi 2016-2021 Zumi Zola merupakan hal yang penting.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.