Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. (Foto: Istimewa)
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. (Foto: Istimewa)

Video Habib Rizieq Tiba di Indonesia Hoaks

Ngopibareng.id Nasional 01 December 2019 17:32 WIB

Beredar video singkat yang dinarasikan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sudah pulang ke Indonesia.

Video tersebut berdurasi 1 menit 9 detik. Habib Rizieq tampak memakai sorban putih dan gamis putih. Ia terlihat keluar dari bangunan seperti bandara, dan disambut jemaah dengan selawat dan takbir.

Viralnya video diduga kepulangan Habib Rizieq itu langsung ditanggapi pihak Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F. Sompie mengungkapkan, tidak ada jejak Habib Rizieq pulang ke Tanah Air.

"Kami mengecek ke beberapa pintu masuk, tidak ada perlintasan yang bersangkutan," ujar Ronny F. Sompie.

Menurutnya, rekaman Habib Rizieq diduga video pada 2016. Hal itu dilihat dari ornamen bandara yang terekam di video Rizieq Shihab yang viral tersebut.

"Video viral itu diduga direkam 2016 saat yang bersangkutan berkunjung ke Jember melalui pintu Surabaya. Itu diduga dari desain dari bandara, itu layout lama," jelas Ronny F. Sompie.

Juru Bicara Habib Rizieq, Abdul Chair juga mengklarifikasi bahwa video tersebut merupakan rekaman lama. "Video itu di Surabaya kalau tidak salah. Sudah lama," ujarnya.

Pihaknya tengah mengusahakan pemulangan Habib Rizieq yang masih berada di Makkah.
"Habib Rizieq Shihab sedang diusahakan pulang ke Indonesia. Tentang kapan tibanya, kita belum tahu, sedang menunggu proses pulangnya beliau," kata Abdul Chair.

Susunan Acara Reuni 212

Reuni 212 akan diselenggarakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin esok hari. Susunan acara tersebut sudah beredar di media sosial.

Dalam susunan acara tersebut, Reuni 212 dijadwalkan dimulai pada Senin dini hari mulai pukul 03.00 WIB.

Acara pertama adalah sholat tahajud dilanjutkan istighosah. Kemudian pada pukul 03.50 akan diadakan sholat subuh berjamaah.

Acara kemudian dilanjutkan dzikir dan doa untuk bangsa hingga pukul 05.10 WIB. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pembacaan maulid dan tilawah Alquran hingga pukul 05.50 WIB.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Islam. Pada pukul 06.00 WIB, acara dijadwalkan dengan sambutan-sambutan. Antara lain sambutan dari Ketua Panitia, GNPF, PA 212, dan FPI.

Selanjutnya, Habib Rizieq dijadwalkan mengisi sambutan. Dilanjutkan sambutan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Pada pukul 07.05 WIB akan dilakukan pembacaan puisi untuk bangsa. Kemudian, diadakan ceramah agama oleh para ulama.

Dalam susunan acara tersebut, Reuni 212 berakhir pada pukul 08.30 WIB.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Dec 2020 09:46 WIB

Kapolres Pekalongan Akui Anggotanya yang Ancam Penggal Rizieq

Nasional

Akan diperiksa kejiwaannya.

04 Dec 2020 09:30 WIB

Trauma Berurusan dengan FPI, Polisi Ancam Penggal Rizieq Syihab

Nasional

Traum karena digeruduk anggota FPI.

01 Dec 2020 22:15 WIB

Simpatisan HRS Geruduk Rumah Ibunda, Mahfud MD: Ibu Aman

Jawa Timur

Kata Mahfud, aksi massa di rumahnya di Pamekasan sudah ada yang urusi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...