Video Gus Ipul Rajin Cium Tangan orang Yang Lebih Sepuh, Viral di Medsos

15 Sep 2017 19:21 Surabaya

Surabaya : Video Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mencium tangan para Kiai, Santri, Masyarakat dan Megawati Soekarnoputri mendadak menjadi viral di media sosial.

Vdeo tersebut diunggah pertama kali oleh akun @farismujaddid di akun Instagramnya pada pukul 21.30, Kamis, 14 September 2017. Sejak saat itu, video tersebut banyak diunduh warganet dan disebar tidak hanya di Instagram, tapi juga di Facebook, Twitter, Whatsapp beserta sejumlah media sosial lainnya.

Dalam video berdurasi 32 detik tersebut, tampak Gus Ipul mencium tangan siapapuun yang lebih sepuh dari dirinya.

Video berjudul "Hormati orang tua, sesepuh dan ulama, selama kita masih mampu" itu dimulai dari sebuah foto ketika Gus Ipul mencium tangan KH Maimun Zubair, Pengasuh Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang; kemudian disusul foto Gus Ipul mencium tangan Habib Syech Abdul Qodir Assegaf.

Selanjutnya ada beragam foto lagi dimana semuanya menunjukkan Gus Ipul mencium satu persatu tangan orang baik itu tokoh maupun masyarakat biasa selalu dicium tangganya oleh Gus Ipul.

Dalam video itu lantas ditutup sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, at Tirmidzi : "Bukan termasuk dari kami, orang yang tidak menghormati yang lebih tua, dan tidak menyayangi yang lebih kecil, serta orang yang tidak memerintah pada kebaikan dan mencegah perbuatan munkar".

Arif Afandi, orang dekat Gus Ipul mengatakan, sebagai sosok yang dibesarkan di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU), Gus Ipul memang selalu menghormati orang yang lebih tua dan dia tunjukkan dengan cara mencium tangannya. (wah)

Penulis : Wahidin


Bagikan artikel ini