Pahlawan superhero Marvel, The Avengers menari Beksan Wanara. (Foto: Youtube Hersa animation)
Pahlawan superhero Marvel, The Avengers menari Beksan Wanara. (Foto: Youtube Hersa animation)

Video Avengers Menari, Terinspirasi Flash Mob Beksan Wanara

Ngopibareng.id Seni dan Budaya 23 July 2019 09:32 WIB

Di channel berbagi video Youtube, saat ini viral aksi para Avengers para pahlawan Marvel yang sedang menari. Captain America dan rekan-rekan dibuat animasi sedang menarikan Tarian Jawa Beksan Wanara.

Video Tarian Jawa Avengers ini diunggah oleh akun Youtube Hersa animation. Di pembukaan video muncul Captain America yang datang sambil membawa tameng ciri khasnya. Terdengar musik gamelan ketika Captain America berjalan.

Dia menari sendiri selama satu menit, kemudian di susul Black Panther. Untuk sementara mereka menari berdua, lalu Spiderman turun dengan jaringnya.

Tak lama, Iron Man muncul dari langit dengan baju supernya. Total ada 8 anggota Avengers yang menari tarian jawa, di antaranya Hulk, Thor, dan Black Widow.

Dalam judul video dijelaskan, tarian jawa yang diperagakan oleh Avengers adalah Beksan Wanara, atau tari kethekan (monyet) merupakan tarian klasik keraton Yogyakarta.

Tarian tersebut adalah tarian pakem dari Keraton dan ada unsur jogetan Mataram. Tak hanya itu, Tarian Jawa ini juga melibatkan banyak penari.

Flash Mob Beksan Wanara

Tarian Avengers rupanya terinspirasi dari anak-anak muda yang terlibat dalam flash mob Beksan Wanara di Malioboro, Jogjakarta, pada Juni 2019 lalu. Pulung Jati Ronggomurti adalah koreografer tarian street art bercampur klasik yang dibawakan secara kekinian ini.

Pulung yang merupakan mataya atau penari Keraton yang masuk sebagai anggota Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Krida Mardawa ini menyebut tarian tersebut melibatkan banyak penari.

Separuh di antaranya merupakan penari di Krida Mardawa, sebagian berasal dari siswa SMKI, mahasiswi ISI jurusan tari. “Saya susun ulang komposisinya karena melibatkan penari banyak dengan arah hadap non konvensional tidak tapal kuda atau harus menghadap penonton,” kata alumnus jurusan tari klasik ISI tahun 2017 ini.

Dia menjelaskan, flashmob yang disajikan itu merupakan campuran konsep modern dan klasik. Untuk busana pun bukan formal 'wayang' akan tetapi berupa pakaian kasual, namun gerakannya tetap memakai tarian tradisi.

Pulung yang baru saja diwisuda sebagai abdi dalem ini memang sangat antusias mengkampayekan gerakan untuk mencintai dan melestarikan budaya. Melalui seni tari klasik, dirinya ingin mengajak anak muda mau dan mampu mengapresiasi budaya dan kesenian adiluhung ini.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Jul 2019 10:13 WIB

Sebelum Avengers, Mohan Kalandara Viral Menari Beksan Wanara

Seni dan Budaya

Beksan Wanara ala Avengers terinsiprasi dari flash mob 'Momo' dkk di Malioboro.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...