Van Dijk di malam penghargaan Ballon d'Or 2019. (Foto: @Brfootball)

Van Dijk Pesimis Raih Ballon d'Or Selama ada Messi dan Ronaldo

Dunia 03 December 2019 08:25 WIB

Pemain bertahan Liverpool, Virgil van Dijk, gagal bersaing dengan Lionel Messi (Barcelona) dalam merebutkan trofi Ballon d’Or 2019. Penghargaan bergensi ini diumumkan pada Selasa, 3 Desember 2019 dini hari WIB.

Van Dijk tepatnya hanya bisa menjadi runner-up dalam penghargaan pemain terbaik dunia versi France Footbal itu.

Meski tak bisa meraih Ballon d’Or 2019, Van Dijk mengaku tidak terlalu kecewa. Sebab baginya selama masih ada Messi dan juga Cristiano Ronaldo (Juventus), maka peluang dirinya, bahkan mungkin pemain lain dalam meraih penghargaan tersebut sangatlah kecil.

Van Dijk sendiri sangat mengagumi Messi. Ia merasa apa yang dilakukan Messi hingga meraih trofi Ballon d’Or keenamnya tersebut sangatlah luar biasa. Saking kagumnya, Van Dijk sampai merasa Messi memang layak disebut sebagai sosok pemain yang tak normal alias sangat spesial.

"Meraih Ballon d’Or untuk keenam kalinya, maka Anda memang harus menghormati betapa besarnya dia. Saya memang hampir meraih (Ballon d’Or 2019), namun ada seseorang yang sedikit lebih baik. Saya rasa memang akan sangat sulit (meraih Ballon d’Or) selama masih ada orang-orang seperti itu,” kata Van Dijk, dilansir dari Sportskeeda, Selasa 3 Desember 2019.

Messi dan Ronaldo memang menjadi dua pemain yang berhasil mendominasi penghargaan Ballon d’Or itu selama bertahun-tahun. Namun, dominasi itu sempat terputus lantaran penggawa Real Madrid, Luka Modric, meraih trofi tersebut di 2018.

Daftar pemenang Trofi Ballon d'Or 2019

Sebanyak empat trofi Ballon d'Or 2019 telah diperebutkan. Keempat penghargaan tersebut adalah Ballon d’Or, Kopa, Yachine, dan Ballon d’Or Feminin untuk pesepakbola wanita.

Trofi Kopa menjadi penghargaan pertama yang disampaikan pada malam penganugerahan tersebut. Penghargaan untuk pesepakbola muda yang tampil paling gemilang di sepanjang musim 2019 itu pun jatuh kepada pemain Juventus, Matthijs de Ligt.

Pemain berusia 20 tahun itu mampu meraih trofi Kopa setelah mampu mengalahkan lawan-lawannya, yakni Jadon Sancho (Borussia Dortmund) dan Joao Felix (Atletico).

Penghargaan selanjutnya adalah Yachine. Penghargaan kiper terbaik dunia itu pun jatuh kepada Alisson Becker (Liverpool). Ia mampu mengalahkan dua kiper hebat lainnya. Seperti Marc-Ander ter Stegen dari Barcelona dan Ederson Moraes dari Manchester City.

Trofi Ballon d’Or Feminin diraih pesepakbola wanita asal Amerika Serikat, yakni Megan Rapinoe. Pemain asal Reign FC itu sukses menjadi pesepakbola wanita terbaik dunia versi France Football setelah berhasil menyingkirkan Lucy Bronze yang berada di urutan kedua, dan juga Alex Morgan yang menempati posisi ketiga. Trofi Ballon d’Or 2019 itu pun menjadi trofi pertamanya untuk penghargaan tersebut.

Lionel Messi (Barcelona) pada akhirnya menjadi peraih trofi Ballon d’Or 2019. Dalam merebut trofi Ballon d’Or keenamnya itu, La Pulga (julukan Messi) berhasil mengalakan Virgil van Dijk (Liverpool) yang hanya bisa menempati posisi kedua, dan juga Cristiano Ronaldo (Juventus) yang berada di urutan ketiga.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Apr 2020 18:30 WIB

Ini Alasan Messi Menolak Pegang Bola di Menit Awal

Liga Spanyol

Hal ini yang membantu Messi tampil baik di banyak laga bersama Barcelona

19 Mar 2020 12:16 WIB

Messi Terbaik, Tapi Bukan Termahal di Dunia

Dunia

Bintang Argentina itu hanya di urutan delapan pemain termahal di dunia

12 Mar 2020 11:37 WIB

Jika Dikarantina, Messi Tidak Bisa Main Lawan Ekuador dan Bolivia

Dunia

Durasi karantina virus corona selama 14 hari

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.