Virgil van Dijk meminta Harry Maguire tak pedulikan statusnya dan fokus pada upaya sendiri mengeluarkan kemampuan terbaiknya. (Foto: Twitter/@

Van Dijk Memberi Masukan dan Tips pada Maguire

Liga Inggris 07 August 2019 09:59 WIB

Bek Liverpool, Virgil van Dijk, memberi masukan pada Harry Maguire terkait label bek termahal di dunia yang saat ini disandangnya. Ia juga memberikan tips kepada bek Timnas Inggris itu bagaimana cara menangani status tersebut.

Van Dijk memang relevan untuk berbicara mengenai hal itu. Sebab, sebelum Maguire dibeli Manchester United, bek asal Belanda itulah yang menyandang status sebagai bek termahal di dunia.

Ia  dibeli Liverpool dengan dana sebesar 85 juta euro di jendela transfer musim panas 2018 dari Southampton. Harga yang melampaui nilai semua bek di dunia kala itu. Namun rekor itu akhirnya dipecahkan Maguire yang diboyong Manchester United dari Leicester City dengan banderol 88 juta euro.

Menurut pemenang Liga Champions 2018-2019 ini, status yang saat ini tersemat pada Maguire akan menghadirkan tuntutan dan tekanan yang sangat besar.

Menurutnya, itu akan hadir secara otomatis karena di saat ia dibeli dengan banderol setinggi itu, ekspektasi banyak orang padanya juga sangat besar, terutama para pendukung MU.

Meski begitu, Van Dijk menyarankan agar Maguire tak menjadikan alasan tersebut untuk mengubah gayanya.

"Harga datang dengan tekanan, tetapi itu tidak berubah terlalu banyak karena Anda selalu memiliki tekanan di klub-klub besar seperti Man United," kata Van Dijk kepada Sky Sports seperti dikutip dari Marca.

"Tidak mudah untuk sepenuhnya mematikan semua tekanan.”

"Cukup banyak hal yang lebih penting daripada bermain sepak bola," katanya. Dalam hal ini, Van Dijk mengingatkan supaya Maguire tahu bahwa tuntutan bukan hanya dari permainannya di lapangan, tapi juga di luar lapangan.

Dari pengalaman Van Dijk, sangat penting untuk diingat, bahwa menikmati bermain sepak bola daripada terus memikirkan label harga adalah pilihan yang harus dikedepankan oleh pemain 26 tahun tersebut.

"Anda harus menikmatinya meski tekanan akan selalu ada di sana. Fokus saja untuk melakukan apa yang Anda sukai, dan mainkan permainan terbaik Anda. Dapatkan kualitas Anda di lapangan, nikmati permainan Anda dan jangan pikirkan hal-hal lain," bek Liverpool itu menyarankan Maguire.

"Jika lawan ‘memainkan’ status Anda sebagai bek termahal di dunia supaya Anda tertekan, apa yang bisa Anda lakukan?”

"(Berdasarkan pengalaman), Saya tidak mendengarkan mereka. Itu tidak mengubah apa pun di kepala saya," tutur bek 28 tahun tersebut.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 22:00 WIB

MU Pertimbangkan Boyong Ousmane Dembele ke Old Trafford

Liga Inggris

Pemain Barcelona itu jadi opsi lain bila gagal dapatkan Sancho

10 Jul 2020 21:22 WIB

Undian Liga Europa: MU dan Inter Terhindar Bertemu Lawan Berat

Liga Europa

Hanya Sevilla yang harus saling tumbuk dengan tim unggulan lainnya, AS Roma

10 Jul 2020 19:42 WIB

Liverpool Tanpa Kapten Henderson Sampai Akhir Musim

Liga Inggris

Jordan Henderson cedera lutut saat melawan Brighton Rabu lalu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...