Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi diganggu tes Covid-19. (Foto: Twitter @valeyellow46)
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi diganggu tes Covid-19. (Foto: Twitter @valeyellow46)

Valentino Rossi Tampil di MotoGP Valencia setelah Negatif Covid

Ngopibareng.id MotoGP 13 November 2020 04:21 WIB

Hasil tes Covid-19 pembalap Valentino Rossi bikin deg-degan tim Monster Energy Yamaha. Bayangkan saja, Rossi kembali dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR), Selasa 10 November 2020.

Tes pun diulang pada keesokan harinya, Rabu 11 November. Berdasarkan uji tes serupa, Rossi mendapatkan hasil negatif. Berdasarkan aturan MotoGP, seorang pebalap boleh turun ke lintasan jika ia memiliki dua hasil negatif.

Oleh sebab itu, pada Kamis kemarin, Rossi kembali menjalani tes PCR. Berdasarkan situs resmi MotoGP, hasilnya sudah keluar dan negatif. Dengan begitu, kakak tiru Luca Marini itu boleh tampil di sesi latihan bebas MotoGP Valencia, Spanyol, yang dimulai hari ini, Jumat 13 November 2020.

Balap seri ke-12 itu akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo. Rossi diketahui sudah berada di Valencia. Juara dunia sembilan kali itu terbang ke Spanyol setelah menjalani tes ketiga dan langsung menjalani isolasi, berjaga-jaga seandainya ia kembali positif.

"Monster Energy Yamaha MotoGP dengan senang hati mengkonfirmasi bahwa Valentino Rossi bisa beraksi di MotoGP Valencia pada akhir pekan ini," tulis pernyataan resmi MotoGP.

Rossi sebelumnya sudah pernah terjangkit virus corona, yang membuatnya absen di MotoGP Aragon dan MotoGP Teruel. Ia kembali tampil di MotoGP Eropa pada akhir pekan lalu, namun gagal finis setelah motornya mengalami masalah kelistrikan.

Belum diketahui mengapa Rossi kembali dinyatakan positif setelah sebelumnya sudah dinyatakan negatif dan bisa membalap. Sejauh ini, muncul dugaan bahwa hasil tes Rossi pada hari Selasa adalah false positive (positif palsu).

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jan 2021 18:35 WIB

Mata Air Sumber Suyo, Wisata dan Tempat Terapi ODGJ di Kediri

Feature

Mata air Sumber Suyo di Kediri digunakan sebagai ritual penyembuhan ODGJ.

16 Jan 2021 18:05 WIB

Penerima Vaksin Pertama di India Malah Petugas Kebersihan

Internasional

Politisi dianggap bukan kelompok garda depan dalam menghadapi Corona.

16 Jan 2021 17:22 WIB

Pak Tjuk Sukiadi Telah Meninggalkan Kita Semua

Tokoh

Telah meninggal dunia hari ini Tjuk Kasturi Sukiadi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...