Petugas dari Dinkes Kota Probolinggo memasukkan vaksin Covid-19 ke dalam lemari pendingin. (Foto: Ikhsan Mahmudi/Ngopibareng.id)
Petugas dari Dinkes Kota Probolinggo memasukkan vaksin Covid-19 ke dalam lemari pendingin. (Foto: Ikhsan Mahmudi/Ngopibareng.id)

Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua di Probolingo Sasar 15.000 Orang

Ngopibareng.id Jawa Timur 23 February 2021 19:59 WIB

Vaksinasi Covid-19 kembali dilanjutkan pada tahap kedua di sejumlah fasilitas layanan kesehatan di Kota Probolinggo mulai Rabu besok, 24 Februari 2021. Hal itu menyusul datangnya 1.810 vial vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kota Probolinggo, Selasa siang, 23 Februari 2021.

Vaksinasi tahap kedua akan menyasar sebanyak 15.000 petugas pelayan publik dan berbagai kalangan. “Sasaran vaksinasi tahap kedua, petugas pelayan publik seperti anggota TNI, Polri, ASN, non-ASN di Pemkot Probolinggo, BUMN, BUMD. Juga pedagang pasar, ojek online termasuk wartawan,” kata Plt Kepala Dinkes P2KB, dr. Nurul Hasanah Hidayati di kantornya, Selasa.

Dokter Ida, panggilan akrab dr Nurul Hasanah Hidayati menambahkan, target penyelesaian diperkirakan April-Mei telah tuntas vaksinasi tahap kedua (suntikan pertama dan kedua).

Mereka yang akan menjalani vaksinasi tahap kedua, kata Dokter Ida, agar menjaga kesehatannya. “Pastikan penerima vaksin dalam keadaan sehat, tidak ada gejala, kalau memang ada gejala tolong disampaikan kepada penanggung jawabnya agar dijadwal ulang,” katanya.

Ditanya soal pelaksanaan vaksinasi tahap pertama, Dokter Ida mengatakan, semua sasaran sudah divaksin.

Terkait distribusi vaksin Covid-19 ke Probolinggo, seperti sebelumnya, dikawal jajaran Polda Jatim. Vaksin yang diangkut mobil Bio Farma itu setiba di Probolinggo kemudian diserahkan Staf Seksi Surveilans Dinkes Provinsi Jatim. Suradi kepada Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Probolinggo, Eko Sudiwiharti.

Vaksin sebanyak 1.810 vial itu langsung dimasukkan dalam boks pendingin di gudang dinkes setempat. Dengan disimpan dalam suhu 2-8 derajat Celcius, vaksin bisa bertahan selama 2x24 jam.

Penulis : Ikhsan Mahmudi

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 06:58 WIB

Messi Bintang Lapangan, Barcelona Raih 3 Poin di Markas Sevilla

Liga Spanyol

Messi mencetak satu gol dan satu assist saat Barca menumbangkan Sevilla 2-0

28 Feb 2021 06:25 WIB

Verona Gagalkan Kemenangan Juventus

Liga Italy

Verona berhasil menahan imbang Juventus 1-1.

28 Feb 2021 05:50 WIB

Dipenjara 20 Hari, Nurdin Ngaku Tak Tahu Suap: Demi Allah!

Korupsi

Nurdin Abdullah melimpahkan kesalahan kepada Sekretaris PUPR Sulsel.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...