Utamakan Sedekah, Pesan Sebelum Maut Menjemput

27 May 2019 04:48 Khazanah

Ustadz Arifin Ilham berwasiat yang amat berharga bagi umat Muslim agar bersedekah.

“Ketika seorang mengalami sakaratul maut, berandai-andai kembalikan kami ke muka bumi sedetik saja, pasti bersedekah,” katanya.

Ia menjelaskan, sedekah memiliki lima keutamaan. Pertama sedekah sangat meringankan sakaratul maut. Kedua, lampu yang paling terang di alam kubur. Ketiga, pintu surga yang paling besar terbuka adalah assakhoya, yang dilewati orang dermawan. Keempat, tanda ibadah diterima adalah senangnya bersedekah. Kelima, paling sulit menghadapi hisab adalah harta.

“Darimana harta didapat dan dikemanakan. Maka bersyukurlah hamba Allah yang mensedekahkan jariyah hartanya walau dia wafat, maka harta itu terus mengalir sampai hari kiamat," ujar Arifin Ilham.

Pesan ini diunggahnya pada Sabtu, 18 Mei 2019 atau empat hari sebelum wafat di Rumah Sakit Gleneagle George Town, Penang, Malaysia karena kanker getah bening dan nasofaring yang dideritanya.

Pesan Arifin Ilham sebelum meninggal ini berupa rekaman video yang sepertinya sudah lama. Ini terlihat dari saat ia memberikan tausiyah, masih dalam keadaan sehat. Badannya pun terlihat tegap berdiri saat menyampaikan dakwah dengan suaranya khasnya yang serak tapi lantang itu.

Unggahan video ini dilengkapi ajakan bersedekah di bulan Ramadan. Ia menjelaskan, bersedekah di bulan Ramadan akan mendapatkan pahala 70 kali dibandingkan saat bulan biasa. “Seutama-utamanya sedekah adalah sedekah di bulan Ramadan,” tulis Arifin Ilham. (adi)

“Ketika seorang mengalami sakaratul maut, berandai-andai kembalikan kami ke muka bumi sedetik saja, pasti bersedekah,” kata Ustadz Arifin Ilham.
Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini