Unggahan tentang Ustaz Abdul Somad mengharamkan Facebook, yang dunggah justru untuk mengolok-olok UAS dan Islam. (Foto:Istimewa)

Ustaz Abdul Somad Haramkan Facebook?

Hukum 10 September 2020 17:01 WIB

Seorang pengguna media sosial Facebook  membagikan poster yang menampilkan Ustaz Abdul Somad dengan tulisan "Facebook Haram".

Poster berlatar biru tersebut diberi narasi:

"Karena dibuat oleh kafir untuk merusak iman Islam. Menulis status di wall menyerupai Tembok Ratapan kaum Yahudi," demikian tulisan dalam poster tersebut.

Benarkah Ustaz Abdul Somad mengharamkan Facebook?

Ternyata, informasi di atas sama sekali tidak benar. Ustaz Abdul Somad tidak pernah mengatakan itu soal Facebook. Dan poster di atas tidak asli, melainkan suntingan dari poster yang pernah dimuat oleh situs berita daring lokal Serambinews.com pada 31 Desember 2018. 
Poster asli dengan tulisan yang berbeda tampil dalam berita berjudul "Nasehat Ustaz Abdul Somad untuk Anak Muda di Malam Tahun Baru 2019: Jangan Keluyuran, Minum Antimo".

Dalam poster asli itu tampak pesan terkait perayaan malam Tahun Baru 2019 dan bukan tentang penggunaan media sosial Facebook.

Dengan demikian, narasi poster yang menampilkan Ustaz Abdul Somad di Facebook itu telah direkayasa dengan dibubuhi informasi palsu atau hoaks.

Bisa saja postingan di atas adalah false flag, yaitu postingan yang diunggah oleh seseorang dengan akun palsu, yang tujuannya justru untuk mengolok-olok Islam dan Ustaz Abdul Somad. Mirip unggahan klepon beberapa waktu lalu. (ant/asm)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Sep 2020 02:45 WIB

Nyai Nur Ismah, di Antara Perempuan-Perempuan Penjaga Al-Quran

Khazanah

Putri ulama lengedaris KH Abdullah Salam dari Kajen Pati

22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop

MAMA 2020 digelar virtual di Korea Selatan.

22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop

Gedung baru Big Hit Entertainment, agensi BTS, mewah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...