Usai Tol Jokowi, Muncul Tol Sandi

13 Jun 2018 19:00

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Netizen menggunjingkan munculnya spanduk Tol Jokowi di medsos saat arus mudik. Tak lama setelah itu muncul ‘Tol Milik Sandiaga Uno’.

Alasannya, Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno adalah salah satu pemegang saham PT Lintas Marga Sedaya (LMS). Adapun LMS merupakan pemegang konsesi Tol Cikampek-Palimanan.

Mengetahui hal itu, Sandi buru-buru mengklarifikasi soal kepemilikan saham dalam konsorsium Tol Cipali setelah namanya disebut dalam unggahan viral Tol Jokowi.

Soal saham di Tol Cipali, Sandi mengatakan bahwa konsorsium yang dia dirikan memang sempat terlibat dalam pembangunan kontruksi. Namun saat ini dia sudah tidak terlibat lagi.

“Pengoperasian dan kontruksinya dilakukan oleh konsorsium yang waktu dulu saya masih menjadi pengusaha, kebetulan saya yang mendirikan,” kata Sandi.

Sandi mengakui saat Tol Cipali mulai dibangun, dia masih memiliki saham di PT LMS. Namun, setelah maju sebagai salah satu kontestan di Pilkada DKI 2017, Sandi mengaku melepas sahamnya di PT LMS.

“Sedikit klarifikasi bahwa jalan tol tersebut (Cipali) digagas pada zaman Pak Harto. Setelah itu diteruskan oleh Pak BJ Habibie dan oleh Gus Dur diberikan dorongan dan oleh Ibu Mega diberikan inspirasi. Di masa Pak SBY pembebasan lahan dan instruksi, dan diresmikan oleh Pak Jokowi,” rinci Sandi.