Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Usai MotoGP 2018 di Italia, Rossi Koleksi 230 Podium Sepanjang Karier

04 Jun 2018 01:00

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi berhasil menciptakan sejumlah rekor usai finis di posisi ketiga pada balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu 3 Juni 2018.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, Rossi untuk kali ke-194 meraih podium di kelas primer Grand Prix. The Doctor memegang rekor podium di MotoGP dan unggul atas Pedrosa dengan 112 podium dan Lorenzo 111 podium. Total The Doctor sudah mengoleksi 230 podium sepanjang karier di tiga kelas Grand Prix, dengan 21 podium di kelas 250cc dan 15 di kelas 125cc.

Menanggapi prestasi itu, Rossi mengatakan bahwa balapan di MotoGP tak ada yang mudah. Bahkan dia bersyukur hingga saat ini dirinya masih diberikan kesempatan untuk selalu naik podium, apalagi di Italia. "Ini balapan yang benar-benar berat. Kami tahu musim ini merupakan balapan yang berat," kata Rossi.

Keberhasilannya di Italia Ini adalah podium kedua beruntun yang diraih The Doctor setelah finisa ketiga di MotoGP Prancis dua pekan lalu. Sementara itu, finis ketiga di Sirkuit Mugello membuat Rossi menjadi pebalap pertama yang mampu menembus 5 ribu poin atau lebih di kelas primer Grand Prix [500cc/MotoGP]. Tambahan 16 poin di MotoGP Italia membuat Rossi kini sudah mengoleksi 5.005 poin.

Selain itu, Rossi juga unggul jauh atas pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa yang gagal finis di MotoGP Italia. Pedrosa berada di posisi kedua dengan 2.882 poin, sementara Lorenzo ada di posisi ketiga dengan 2.778 poin.

Dengan hasil di MotoGP Italia membuat Rossi kembali bersaing dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2018. Rossi kini mengoleksi 72 poin dan berada di posisi dua klasemen sementara, terpaut 23 poin dari Marc Marquez di puncak klasemen.