SIKAP: Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir usai diterima Presiden Jokowi di Istana bersama 177 mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Istana Negara, Jakarta. (foto: ist)
SIKAP: Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir usai diterima Presiden Jokowi di Istana bersama 177 mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Istana Negara, Jakarta. (foto: ist)

Usai Menghadap Jokowi, Begini Pernyataan Ketua Muhammadiyah soal Politik

Ngopibareng.id Pemerintahan 06 August 2018 19:05 WIB
"Tapi kalau boleh, Muhammadiyah mengajak, pada seluruh institusi agama dan keulamaan tetap menjadi basis bagi kekuatan moral yang mengharapkan bangsa ini lebih luhur."

Setiap institusi agama tidak digunakan menjadi alat kepentingan politik. Hal itu disampaikan Haedar melihat fenomena menjelang pemilu 2019, dimana institusi agama justru digunakan oleh kelompok tertentu sebagai kepentingan politik mereka.

"Tidak perlu menggunakan institusi keagamaan untuk kepentingan tertentu," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir.

Haedar mengungkapkan hal itu, usai mendampingi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Istana Negara, Jakarta, Senin 6 Agustus.

Setiap warga negara, termasuk ulama, menurut Haedar, mempunyai hak untuk berpolitik. Setiap kekuatan politik juga, lanjut dia, memerlukan dukungan ulama sebagai basis sosial dan agama.

Tapi kalau boleh, Muhammadiyah mengajak, pada seluruh institusi agama dan keulamaan tetap menjadi basis bagi kekuatan moral yang mengharapkan bangsa ini lebih luhur.

“Dalam hal ini, kami memastikan Muhammadiyah tidak akan masuk ke politik praktis dengan bicara mengenai orang per orang. Menjelang pemilu 2019, Muhammadiyah lebih memilih bicara mengenai masa depan bangsa secara menyeluruh,” tegasnya. (adi)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Mar 2021 08:34 WIB

Presiden Iran Tuntut AS Bertindak Tepat Terkait Perjanjian Nukli

Internasional

Setelah Donald Trump diganti Joe Biden

04 Mar 2021 03:39 WIB

Haedar Nashir: Pancasila Tak Sekadar Fundamen Politik

Khazanah

Renungan tentang gagasan Founding Fathers RI

03 Mar 2021 12:35 WIB

Pertahankan Nilai Agama dan Budaya Luhur Bangsa, Pesan Haedar

Khazanah

Muhammadiyah akan terus berkomitmen

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...