Rektor UB, Nuhfil Hanani saat menerima penghargaan Badan Publik Terinformatif yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin (Foto: istimewa)

UB Dianugerahi Penghargaan Badan Publik Terinformatif dari KIP

Pojok Unibraw 21 November 2019 19:41 WIB

Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, berhasil menyabet penghargaan sebagai Badan Publik Terinformatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

Penghargaan itu diserahkan langsung Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin kepada Rektor UB, Nuhfil Hanani, Kamis 21 November 2019, di Jakarta.

"Kita sambut gembira dan merupakan tugas semua stakeholder di UB untuk mempertahankan prestasi ini," kata Nuhfil dalam rilis resmi yang diterima ngopibareng.id pada Kamis 21 November 2019.

Dengan penghargaan ini, Nuhfil berharap prestasi ini menjadi bentuk transformasi Universitas Brawijaya dari Badan Layanan Umum (BLU) menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

"Transformasi UB dari BLU menjadi PTNBH membawa konsekuensi pada perluasan lingkup akuntabilitas UB dari fokus pada kementerian menjadi akuntabilitas," kata Nuhfil.

Kategori informatif merupakan kategori tertinggi di bidang informasi publik yang diberikan kepada badan publik sesuai UU KIP Nomor 14 Tahun 2008.

Upaya-upaya yang dilakukan UB meraih kategori informatif, antara lain memberikan berbagai layanan informasi publik secara inovatif dan kolaboratif.

Selain itu, kata Nuhfil, setiap tahun UB mengisi self assessment questionaire yang diselenggarakan KIP. 

Untuk mendukung pelaksanaan keterbukaan informasi publik, UB memiliki beberapa sistem pendukung antara lain whistleblowing system, yaitu sistem pemberian informasi atau pelaporan aktifitas yang terindikasi adanya ketidaksesuaian peraturan di UB.

"UB juga memiliki e-complaint untuk melayani pengaduan masyarakat yang berhubungan dengan layanan yang diberikan oleh UB. Penyampaian keluhan juga bisa disampaikan melalui LAPOR yang dikelola oleh Kantor Staf Presiden (KSP)," kata Nuhfil.

Sementara itu, KIP membagi  klasifikasi ke dalam lima kategori yaitu tidak informatif, kurang informatif, cukup informatif, menuju informatif, dan informatif.

Adapun range penilaian kategori informatif yaitu 90 sampai 100, menuju informatif 80 sampai 89 cukup informatif 60 sampai 79, kurang informatif 40 sampai 39 dan tidak informatif kurang dari 39.

Universitas Brawijaya berhasil mendapatkan penghargaan kategori A yaitu informatif atas kinerjanya dalam keterbukaan informasi publik.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 18:20 WIB

Wapres Bicara Soal K-Pop

Nasional

Wapres Ma'ruf Amin berharap K-Pop mendorong anak-anak muda Indonesia

16 Sep 2020 20:23 WIB

Wapres Sampaikan Bela Sungkawa Meninggalnya Sekda DKI Jakarta

Nasional

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyebut H Saefullah adalah pribadi soleh.

16 Sep 2020 11:32 WIB

Wapres: Islamophobia Bagian dari 3 Tantangan Umat Islam

Nasional

Islamophobia menjadi tantangan global umat Islam.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...