Bundaran Tugu Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur (Foto: istimewa)
Bundaran Tugu Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur (Foto: istimewa)

UB Dapat Rangking di Antara Kampus Terbaik Dunia

Ngopibareng.id Pojok Unibraw 06 September 2020 09:45 WIB

Universitas Brawijaya (UB) masuk dalam pemeringkatan yang dirilis oleh lembaga perangkingan Times Higher Education (THE). Lembaga tersebut merilis 1.500 kampus terbaik di 93 negara pada awal September 2020. Hasilnya, UB berada di posisi 1001+ versi THE World University Ranking 2020 bersama dengan delapan perguruan tinggi yang lainnya dari Indonesia.

Dalam proses pemeringkatannya THE menggunakan lima indikator penilaian, yaitu pengajaran (teaching), penelitian (research), sitasi (citation), industry income dan international outlook.

Ketua Pemeringkatan Internasional, Setyawan Purnomo Sakti, menuturkan ada beberapa aspek penilaian yang membuat UB masuk dalam pemeringkatan yang dirilis oleh THE World University Ranking 2020. “Beberapa yang menjadi penyumbang naiknya score UB adalah Industrial Income dan International Outlook,” ujarnya pada Sabtu 5 September 2020.

Setyawan menjelaskan Industrial Income merupakan jumlah dana yang telah diterima UB terkait dengan penelitian dan hilirisasi penelitian yang sudah dilakukan.

Ia mengatakan salah satu pertimbangan dari sebuah lembaga atau pihak ketiga memberikan dana penelitian ke UB karena menghitung kontribusi dan dampak penelitian tersebut terhadap dunia industri. "Sehingga mereka juga rela menyediakan dana untuk UB. Penyediaan dana tersebut dalam bentuk pendanaan penelitian, penerapan teknologi, dan bentuk-bentuk lain untuk pengembangan UB, termasuk penghasilan dari kerjasama dengan industri,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan indikator Internasional Outlook, Setyawan menjelaskan aspek tersebut menilai kualitas dan mutu dari UB. Kualitas dan mutu ini dilihat dari dosen, kolaborasi atau kerjasama internasional, publikasi dan ketertarikan mahasiswa internasional untuk belajar di UB. “Sehingga semakin banyak jejaring yang dibuat dengan partner-partner internasional akan semakin meningkatkan apresiasi mereka sehingga mereka akan tertarik ke sini,” katanya.

Untuk terus dapat meningkatkan peringkat UB di kancah internasional, Setyawan menuturkan hal ini butuh peran serta dari seluruh stakeholders, dosen, tenaga pendidik dan mahasiwa dalam mendukung program kerja universitas akan semakin mendorong pemeringkatan internasional UB.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 08:26 WIB

Masa Depan Muhammadiyah, Ini Kunci Utamanya

Khazanah

Penjelasan Dahlan Rais, PP Muhammadiyah

25 Jan 2021 08:17 WIB

Reformasi di Tubuh Polri?

As’ad Said Ali

Berjalanlah perjuangan sesuai kaidah fikih dalam Islam

25 Jan 2021 07:55 WIB

Kuliah Pakai Sepatu Tentara, Suprawoto Malu Duduk di Depan

Tokoh

Sepatu tentara yang ia pakai adalah sepatu bapaknya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...