Kampus Unitomo Surabaya. (Foto: istimewa)
Kampus Unitomo Surabaya. (Foto: istimewa)

Unitomo Buka Program Baru, S3 Manajemen Strategik dan Pemasaran

Ngopibareng.id Pendidikan 11 September 2020 16:06 WIB

Mengawali semester ganjil tahun akademik 2020-2021, program doktoral atau S3 Universitas Dr Soetomo Surabaya membuka dua jurusan yang saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat, yaitu manajemen strategik dan manajemen pemasaran.

Dua jurusan dan konsentrasi ini didapuk sebagai program unggulan oleh Unitomo karena peminatnya yang membeludak dan selaras dengan kebutuhan sumber daya manusia era sekarang, utamanya di Kota Surabaya.

Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Cendekia Utama (YPCU) Prof Dr Eddy Yunus, ST, MM mengatakan, bahwa dua jurusan yang dibuka oleh Unitomo itu adalah untuk menjawab tantangan zaman di dunia ekonomi yang saat ini sedang lesu diterpa badai pandemi Covid-19.

“Saat ini ekonomi dan bisnis di seluruh dunia sedang lesu. Kami akan melahirkan doktor-doktor ekonomi, bisnis, dan manajemen andal untuk berkiprah menangani ekonomi yang sedang melemah,” kata Eddy, Jumat 11 September 2020.

Eddy mengatakan, program doktoral manajemen Unitomo diproyeksikan sebagai kawahcandradimuka yang bisa mencetak sumber daya manusia unggul dan matang, sehingga bisa berkarya di masyarakat melalui penelitian-penelitian dan karya-karya akademik yang bermanfaat di bidang ekonomi dan bisnis.

Terlebih saat ini, menurut Eddy, bisnis dan ekonomi di Era industri 4.0 yang sangat disruptif, sehingga menuntut kesadaran manusia untuk mampu beradaptasi dan berpacu dengan perubahan dunia. Maka dari itu, diperlukan SDM-SDM unggul untuk bisa bersaing secara kompetitif.

“Doktor manajemen dari Unitomo kelak akan menjadi manusia yang bisa perpengaruh di masyarakat, terutama melalui penelitian-penelitian dan ide-ide baru yang dikembangkannya. Saya yakin, doktor manajemen Unitomo akan sangat kompetitif di masyarakat. Kami sudah menyiapkan kurikulum khusus untuk itu,” katanya.

Selain untuk mencetak SDM-SDM unggul, Eddy mengatakan bahwa program doktor manajemen Unitomo ini akan menjadi poin dan momentum penting bagi Unitomo untuk menguatkan komitmen dan eksistensinya dalam pemenuhan pelayanan pendidikan di masyarakat.

Sementara itu, Rektor Unitomo, Dr Bahrul Amiq, menilai hadirnya program doktor manajemen ini sebagai terobosan Unitomo untuk menciptakan manusia unggul dalam bidang ekonomi manajemen dan bisnis.

Menurut Amiq, masyarakat sekarang harus memiliki kesadaran baru dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Masyarakat ekonomi memang sangat penting, namun masyarakat humanistis itu juga tidak kalah penting.

“Kami akan memadukan beberapa materi perkuliahan yang sedang tren. sehingga doktor manajemen Unitomo ini bisa mengaplikasikan ilmunya di masyarakat dengan penuh kesadaran,” katanya.

Meski baru dibuka tahun ini, program doktor manajemen Unitomo ini sudah banyak peminatnya. Salah satunya adalah anggota DPRD Kota Surabaya Fraksi PKB, Mahfudz. Pria lulusan S2 dengan gelar Magister Managemen (MM) Unitomo ini memilih melanjutkan studinya ke S3 Manajemen di almamaternya itu.

“Saya sudah telanjur nyaman dengan Unitomo. Secara kualitas sudah bagus, programnya juga menunjang saya. Maka ketika ada program doktor manajemen, ya saya langsung daftar,” kata Mahfudz.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 17:31 WIB

Propam Polri Perketat Anggotanya Soal Mabuk, Narkoba dan Senpi

Nasional

Pasca kejadian penembakan polisi mabuk yang menewaskan tiga orang.

25 Feb 2021 17:09 WIB

Dukung PPKM Mikro, Bhabinkamtibmas Dibekali Ilmu Tracing Covid-19

Jawa Timur

Agar bisa lebih maksimal dalam melaksanakan tracing.

25 Feb 2021 17:00 WIB

21 Kepala Daerah di Jawa Tengah Bakal Dilantik Secara Hibrida

Nusantara

Ada yang daring, ada yang pula yang langsung.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...