Uniknya Punakawan Melayani Pemilih di TPS

17 Apr 2019 16:26 Politik

Berbagai cara dilakukan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menyemangati warga agar datang menggunakan haknya di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Anggota KPPS di TPS 02 Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo misalnya, tampil berbusana ala wayang orang.

Hal itu tampak ketika sejumlah Punakawan (Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong) melayani para pemilih di TPS 02 Wiroborang, Rabu, 17 April 2019. Tentu saja pakaian nyentrik para anggota KPPS itu menarik perhatian para warga Wiroborang.

“Biar tampil beda dan menarik perhatian. Kami berharap, warga semakin tertarik datang ke TPS menggunakan haknya,” ujar Ketua KPPS di TPS 02, Handoko Putro, 54 tahun.

 TPS 02 Wiroborang Kota Probolinggo yang berhias wayang Foto Ikhsanngopibarengid
TPS 02 Wiroborang, Kota Probolinggo yang berhias wayang. (Foto: Ikhsan/ngopibareng.id)

Busana wayang, kata Handoko, sekaligus untuk melambangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, juga upaya pelestarian budaya bangsa.

Tidak hanya anggota KPPS yang berbusana wayang (Punakawan). Di pintu masuk TPS juga dipasang Gunungan dan gambar Punakawan.

Disinggung, berapa dana yang dihabiskan untuk mempersiapkan TPS ala dunia pewayangan, Handoko mengatakan, sekitar Rp 1 juta. “Kami urunan hingga terkumpul sekitar 1 juta untuk kostum wayang,” ujarnya.

Keberadaan TPS unik itu menarik perhatian warga yang lalu-lalang. “Kreatif, ada anggota KPPS berbusana wayang orang,” ujar Yusuf, warga Wiroborang. (isa)

Penulis : Moch. Amir


Bagikan artikel ini