Anggota KPPS berbusana ala wayang orang melayani warga di TPS 02 Wiroborang, Kota Probolinggo. (Foto: Ikhsan/ngopibareng.id)

Uniknya Punakawan Melayani Pemilih di TPS

Politik 17 April 2019 16:26 WIB

Berbagai cara dilakukan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menyemangati warga agar datang menggunakan haknya di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Anggota KPPS di TPS 02 Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo misalnya, tampil berbusana ala wayang orang.

Hal itu tampak ketika sejumlah Punakawan (Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong) melayani para pemilih di TPS 02 Wiroborang, Rabu, 17 April 2019. Tentu saja pakaian nyentrik para anggota KPPS itu menarik perhatian para warga Wiroborang.

“Biar tampil beda dan menarik perhatian. Kami berharap, warga semakin tertarik datang ke TPS menggunakan haknya,” ujar Ketua KPPS di TPS 02, Handoko Putro, 54 tahun.

 TPS 02 Wiroborang Kota Probolinggo yang berhias wayang Foto Ikhsanngopibarengid TPS 02 Wiroborang, Kota Probolinggo yang berhias wayang. (Foto: Ikhsan/ngopibareng.id)

Busana wayang, kata Handoko, sekaligus untuk melambangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, juga upaya pelestarian budaya bangsa.

Tidak hanya anggota KPPS yang berbusana wayang (Punakawan). Di pintu masuk TPS juga dipasang Gunungan dan gambar Punakawan.

Disinggung, berapa dana yang dihabiskan untuk mempersiapkan TPS ala dunia pewayangan, Handoko mengatakan, sekitar Rp 1 juta. “Kami urunan hingga terkumpul sekitar 1 juta untuk kostum wayang,” ujarnya.

Keberadaan TPS unik itu menarik perhatian warga yang lalu-lalang. “Kreatif, ada anggota KPPS berbusana wayang orang,” ujar Yusuf, warga Wiroborang. (isa)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 21:48 WIB

Pusat Oleh-oleh Sepi, UMKM Perikanan Sulit Jual Produk

Jawa Timur

Pemerintah memberikan fasilitas bagi UMKM dengan sediakan display di mal.

06 Aug 2020 20:24 WIB

Mesum di Taman, Guru TK Digerebek Satpol PP

Jawa Timur

Kasus mesum ini terkuak atas laporan warga.

05 Aug 2020 20:43 WIB

Belajar Daring, Siswa Manfaatkan Wifi 29 KIM Probolinggo

Pendidikan

Diskominfo Kota Probolinggo menyediakan wifi di 29 lokasi KIM.

Terbaru

Lihat semua
11 Aug 2020 07:07 WIB

Covid-19 dan Dunia Pendidikan

As’ad Said Ali
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...