Unik, Sapi Jokowi Lewati Karpet Merah Sebelum Disembelih

12 Aug 2019 13:36 Jawa Timur

Red carpet biasanya digelar untuk menghormati kedatangan pejabat atau artis terkenal. Namun, red carpet yang digelar oleh panitia kurban Masjid Agung Surabaya, bukan untuk manusia. Melainkan untuk sapi. 

Sapi dengan berat 1,08 ton itu mendapat perlakuan khusus dari penyelenggara penyembelihan hewan kurban, Senin 12 Agustus 2019. Maklum, sapi ini merupakan hewan kurban dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hari ini disembelih.

Sapi sumbangan dari Presiden Joko Widodo ini mendapat perlakukan yang sangat istimewa sekali. Dia dituntun berjalan di atas karpet merah mulai dari kandang hingga tempat penyembelihan. Sebelum memasuki tempat penyembelihan, di sisi kanan dan kiri juga dihiasi bunga-bunga. Hal ini agar sapi tidak merasa stres.

"Tahun ini mereka masuk ke area penyembelihan melewati red carpet, kanan kirinya banyak tanaman dan bunga," kata Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor.

Helmy menambahkan perlakuan terbaik untuk hewan kurban ini agar mereka merasa nyaman sebelum disembelih. Hasilnya, daging kurban dari hewan yang nyaman dan tidak stres akan lebih segar dan tidak cepat busuk.

"Jadi dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, mengapa sapi stres? Karena diperlakukan tidak berperikehewanan. Jika mereka stres, dagingnya cepat busuk. Dari evaluasi banyak seminar. Jadi kami ingin semua hewan kurban baik kambing maupun sapi sejak perawatan kita perlakukan sebaik mungkin," ujar dia.

Selain itu, antara ruang penyembelihan dengan ruang tunggu diberi tirai untuk penyekat. Hal ini agar sapi tidak melihat langsung bagaimana temannya saat disembelih.

Tirai penutup ruang transit juga bergambarkan pemandangan alam. Mulai dari keindahan bunga-bunga, laut hingga pepohonan di pegunungan. Helmy percaya hal ini bisa mengurangi stres pada hewan kurban.

"Lalu ruang transit dengan ruang penyembelihan tertutup tujuannya apa agar hewan yang masuk ke ruang transit tidak melihat temannya dipotong sehingga ini akan mengurangi stress dan mempermudah proses penyembelihan," ucap Helmy.

Tidak hanya itu, perlakuan seperti ini tidak hanya untuk sapi Presiden RI. Melainkan sapi kurban dari Gubernur Jawa Timur, hingga masyarakat umum.

"Yang lewat karpet merah bukan hanya sapinya Presiden Jokowi, baik kambing dan sapi lainnya juga melewati karpet merah kemudian transit di tempat yang penuh bunga," ucap Helmy.

Di tahun ini Helmy mengatakan pihak Masjid Al Akbar Surabaya memotong 22 ekor sapi dan 99 kambing. Nantinya, daging kurban ini akan dikemas masing-masing 1,5 kilogram dalam besek.

Helmy menyebut ada 3.000 besek yang sudah disiapkan. Nantinya, 3.000 besek ini akan disebarkan ke warga yang membutuhkan di beberapa lokasi seperti Kelurahan Pagesangan hingga Kelurahan Gayungan, Surabaya.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini