Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjutak (belakang komedian Nunung) dipromosikan Kapolres Trenggalek, Jawa Timur.

Ungkap Kasus Narkoba Komedian Nunung, Jadi Kapolres Trenggalek

Nasional 05 September 2019 16:30 WIB

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memutasi 331 Perwira Menengah dan Perwira Tinggi Polri. Mutasi jabatan tertuang dalam Surat Telegram Kapolri tertanggal 2 September 2019.

Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, mutasi jabatan merupakan hal biasa. Mutasi dan promosi jabatan dilakukan untuk perpindahan tugas (tour of duty) dan perpindahan wilayah penugasan (tour of area).

"Dalam rangka peningkatan personel dan organisasi," kata Eko di Mabes Polri, Jakarta.
Terdapat empat telegram Kapolri tentang mutasi jabatan tersebut, yakni ST 2315/XI/KEP/2019, ST 2316/XI/KEP/2019, ST 2317/XI/KEP/2019, dan ST 2318/XI/KEP/2019 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Sederet pamen mendapatkan promosi jabatan dalam mutasi ini. Salah satunya Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjutak.

Polisi yang kerap menarik perhatian netizen karena sosoknya yang ganteng itu dipromosikan sebagai Kapolres Trenggalek, Jawa Timur. Calvijn menggantikan AKBP Didit Wibowo yang dirotasi sebagai Kapolres Sampang.

AKBP Jean Calvijn Simanjutak saat menjabat Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangani kasus narkoba Jennifer Dunn pada akhir tahun 2017AKBP Jean Calvijn Simanjutak saat menjabat Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangani kasus narkoba Jennifer Dunn, pada akhir tahun 2017.

Sederet prestasi pernah ditorehkan Calvijn. Polisi kelahiran Tangerang, Banten ini merupakan figur di balik penangkapan sejumlah artis karena kasus narkoba.

Calvijn dan anak buahnya diketahui pernah meringkus Jennifer Dunn. Selain itu, dia juga membekuk Roro Fitria. Anak Ratu Dangdut Elvi Sukaesih, Dhawiya Zaida, juga harus berurusan dengan Calvijn.

Calvijn pula yang membuat komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung tak berkutik. Nunung bersama suaminya, July Jan Sambiran, ditangkap di rumah mereka, Jalan Tebet III, Jakarta Selatan, 19 Mei 2019 pukul 13.15 WIB. Pelawak yang ngetop di grup Srimulat itu ternyata telah mengonsumsi sabu sejak 20 tahun lalu.

Teranyar, Calvijn dan timnya meringkus bintang sinetron Rio Reifan. Rio ditangkap atas kasus kepemilikan narkoba.

Sementara itu, berkas kasus narkotika dengan tersangka Nunung dan suaminya telah dinyatakan lengkap atau P21. Polisi akan menyerahkan tersangka berikut barang buktinya pekan depan ke kejaksaan agar kasus itu segera disidangkan.

"Untuk kasus Nunung, rencananya minggu depan akan tahap kedua. Kita serahkan tersangka dan barang buktinya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Pihak kepolisian masih memburu bandar di balik pemasok sabu ke Nunung. Bandar besar itu berinisial Zul yang hingga kini belum tertangkap. Seperti diketahui, selain menangkap Nunung dan suaminya, polisi juga menangkap pemasok sabu kepada Nunung, yakni tersangka TB, E, IP, dan K.

Polisi juga sudah mendapatkan hasil dari pengajuan permohonan asesmen terhadap tersangka Nunung dan suaminya ke Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI. Hasilnya, Nunung dan suaminya direhabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur.

AKBP Jean Calvijn Simanjutak saat menjabat Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangani kasus narkoba Rio ReifanAKBP Jean Calvijn Simanjutak saat menjabat Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangani kasus narkoba Rio Reifan.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...