Salah satu mahasiswa asal Jatim yang berhasil dievakuasi dari Wuhan. (Foto; Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Unesa Akan Lanjutkan Beasiswa Mahasiswa yang Pulang dari Wuhan

Liga Indonesia 16 February 2020 20:35 WIB

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tetap memberikan beasiswa terhadap 10 mahasiswa yang menjalani program beasiswa kuliah di Wuhan.

Rektor Unesa, Prof. Nurhasan mengatakan, ini merupakan bentuk tanggung jawab universitas dalam memberikan pelayanan pendidikan, karena banyaknya keluarga bahkan mahasiswa yang khawatir pendidikannya akan terhenti.

Ia menjelaskan, di tengah era digital ini mahasiswa dimudahkan dengan proses perkuliahan secara online yang itu sudah dikoordinasikan oleh Unesa dengan pihak Wuhan.

"Untuk proses studi selanjutnya mahasiswa atau keluarga sudah tidak perlu khawatir, kalau beasiswanya dihentikan oleh pihak Wuhan maka Unesa yang akan menanggung semua," ungkap Nurhasan di hadapan keluarga mahasiswa di Gedung VIP Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Sabtu 15 Februari 2020.

Tak hanya itu, Nurhasan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tim psikologi dan tim kesehatan untuk mendampingi para mahasiswa yang membutuhkan pendampingan untuk mengembalikan psikologis setelah dihantam berbagai informasi bahaya virus corona yang berkembang di China.

"Kami sudah menyediakan trauma healing, psikolog, dokter, sampai menyiapkan proses pembelajarannya. Kita sudah sosialisasi dan asesmen mereka menerima para mahasiswa ini untuk kuliah lagi," katanya.

Sebelumnya, para mahasiswa ini berangkat ke Wuhan karena mendapat beasiswa pendidikan. Namun, karena faktor keamanan akibat adanya wabah virus corona membuat para mahasiswa harus pulang. Apalagi, pemerintah China menutup akses untuk masuk ke kawasannya agar tidak ada korban tambahan.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 15:37 WIB

Karyawan Terindikasi Covid, BRI Kota Malang Buka Seperti Biasa

Jawa Timur

Sekitar 70 persen karyawannya menjalani kerja di rumah

08 Jul 2020 15:24 WIB

Rapid Test Peserta UTBK Ditukar Mendadak, Ini Penjelasan Unair

Pendidikan

Unair mengaku hasil rapid test berubah setelah 30 menit.

08 Jul 2020 15:15 WIB

Pelanggan Gasku di Batam Dapat Sembako dari PT Gagas Energi

Nasional

Sembako dibagikan di Batam.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...