Pagi Ini, Unair Siap Selenggarakan UTBK

13 Apr 2019 07:00 Pendidikan

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)  sebagai syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara serentak akan dilaksanakan pada. Sabtu, 13 April 2019.

Universitas Airlangga (Unair) yang menjadi pusat berlangsungnya UTBK sudah melakukan persiapan dengan matang sehari sebelum berlangsungnya UTBK.

"Untuk jaringan, server, dan personal computer (PC), sudah kita lakukan uji coba dua kali. Uji coba kami lakukan pada 9 Maret dan 30 Maret. Semua sudah berjalan dengan baik," ujar Ketua Pelaksana UTBK UNAIR Junaidi Khotib.

Selain itu Junaidi Khotib,  juga menjelaskan untuk ketersedian listrik dipastikan aman. Sebab pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Begitu juga dengan interner sudah ada kerjasama dengan Telkom Indonesia.

"Untuk server lokal yang digunakan dalam proses ujian. Di UNAIR kami menggunakan 7 server. 3 di UNAIR dan 4 di perguruan tinggi mitra, yaitu, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) dan Universitas Doktor Soetomo (Unitomo), Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag), dan Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia Surabaya (STIESIA)," kata Junaidi Khotib.

Untuk para peserta,  kata Junaidi Khotib yang harus dipersiapkan untuk menghadapi UTBK besok adalah kepercayaan diri yang cukup.

"Mereka harus sadar mereka mampu melaksanakan ujian. Sehingga tidak tergantung orang lain dan mereka akan jujur," ujarnya.

Junaidi juga menghimbau kepada para peserta UTBK untuk mengecek lokasi ujian pada H-1 pelaksanaan UTBK,  datang 30 menit sebelum ujian dimulai serta jangan lupa membawa kartu tanda peserta.

"Bagi siswa lulusan tahun 2017 sampai 2018 membawa copy ijazah yang terlegalisasi. Peserta yang tidak membawa ijazah akan dicatat dan masuk dalam list monitoring. Ini semua sebagai antisipasi pada semua peserta yang ikut," jelasnya.

Di Unair sendiri, terdapat total 1.450 komputer yang terbagi di 752 ruangan untuk UTBK. Ada 14 lokasi yang dipersiapkan Unair untuk UTBK baik di dalam fakuktas maupun unit kerja. Antara lain, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas hukum, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas psikologi, fakultas ilmu budaya dan fakultas vokasi. (pts)

Reporter/Penulis : Pita Sari
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini