Rektor Unair menerima bantuan 2000 rapid tes dari BPBD Jatim.(Foto:Pita/Ngopibareng.id)

UTBK, BPBD Bagikan Ribuan Rapid Test di Tiga Kampus di Surabaya

Pendidikan 05 July 2020 13:25 WIB

Universitas Airlangga mendapatkan bantuan alat rapid tes dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, pada hari pertama pelaksanaan Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) hari pertama, Minggu 5 Juli 2020. Selain di Unair, BPBD juga membagi ribuan rapid test di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN).

Bantuan sebanyak 2.000 alat rapid test dan masker tersebut diserahkan langsung oleh
Kepala BPBD Jatim, Subhan. Dengan adanya bantuan tersebut, Rektor Unair Mohammad Nasih mengatakan, sudah ada 7.000 alat rapid tes yang diterima Unair sejauh ini.

"Kami berkoordinasi dengan semua pihak termasuk BPBD untuk membantu dalam penyedian alat rapid tes dan saat ini sudah ada 7.000 an kit rapid test,"kata Nasih, sapaan akrabnya.

Nasih pun mengungkapkan, dengan alat yang ada sekarang, peserta UTBK yang belum melakukan rapid test tidak perlu risau. Mereka bisa memanfaatkan fasilitas tersebut, asal datangnya harus lebih awal dari jadwal tes.

MNasih saat memeriksa bantuan 2000 rapid tes dari BPBD Foto PitaNgopibarengidM.Nasih saat memeriksa bantuan 2000 rapid tes dari BPBD. (Foto: Pita/Ngopibareng.id)

"Dari dua tempat rapid test yang disediakan Unair, total hari ini melayani 60 orang. Kalau satu harinya ada 100 atau 200 misalnya, kami masih bisa melayani," ungkapnya.

Layanan rapid tes yang disediakan Unair untuk peserta UTBK tersebut tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Sementara, Kepala BPBD Jatim, Subhan mengatakan, bantuan ini diberikan untuk peserta UTBK di tiga PTN yang menyelenggarakan UTBK di Surabaya. "Kami membantu tiga PTN yang menyelenggarakan UTBK di Surabaya. Di ITS kami bantu 1.000 alat rapid test, di UPN juga," ujar Subhan.

Selain itu, Subhan juga berharap rapid test yang dilakukan peserta UTBK bisa menjadi upaya deteksi dini dan membantu memutus mata rantai penularan covid-19 di Surabaya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 22:00 WIB

Foto Penyemprotan Disinfektar Setelah Plt Walikota Medan Positif

Nasional

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution positif corona.

07 Aug 2020 21:45 WIB

Pemeriksaan Selesai, Djoko Tjandra Pidah ke Rutan Salemba

Hukum

Djoko Tjandra dipindah menjadi kewenangan Dirjen Pas Kemenkum HAM.

07 Aug 2020 21:30 WIB

Prediksi Juventus vs Lyon: Amukan Si Nyonya Tua

Liga Champions

Juventus akan bermain ofensif sejak menit awal demi mengejar defisit gol

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...