Caleb Anderson, bocah jenius yang kuliah di umur 10 tahun. (Instagram)

Umur 12 Tahun, Bocah Jenius Ini Sudah Jadi Mahasiswa

28 Nov 2020 23:30

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Caleb Anderson dikenal sebagai bocah jenius. Anak laki-laki berusia 12 tahun kelahiran Marietta, Georgia, Amerika Serikat ini kini tercatat sebagai mahasiswa semester dua di Chattahoochee Technical College.

Anderson lahir dengan kemampuan yang berbeda dibanding bayi pada umumnya. Umur tiga minggu, Anderson mulai menirukan perilaku ibunya sebelum menguasai bahasa isyarat sebelum dia mengenal kata-kata.

Umur enam bulan, ia sudah bisa membaca dan umur sembilan bulan, ia mengenali 250 bahasa. Kini, di usia 12 tahun, ia menjadi mahasiswa tahun kedua. Harapannya ia akan magang di perusahaan milik Elon Musk, SpaceX, dan bekerja di NASA. Ia pun menjadi selebritis kecil yang keluar masuk televisi nasional untuk diprofil.

Anderson mengaku tak ingat, kapan pertama kalinya ia tertarik dengan luar angkasa. Kepada Popular Mechanis, ia mengaku sering mengunjungi laman NASA, di masa lalunya. "Ada hal lain di luar milik kita, dan saya ingin menjelajahinya," kata Anderson yang bercita-cita menjadi pakar Luar Angkasa. "Saya ingin pergi ke tempat yang belum pernah dijamah orang," katanya.

Namun, ia mengaku tak ingin pergi ke Mars. "Mars adalah perjalanan satu arah. Saya ingin berada di stasiun luar angkasa, dan melakukan riset di sana," katanya.

Untuk bisa pergi ke bintang, ia pun belajar dengan keras. Saat ini ia sedang meningkatkan kemampuannya di bidang kalkulus, sejarah Amerika Serikat, kemanusiaan, dan ekonomi makro.

Anderson berencana untuk melanjutkan belajarnya dan menambah gelarnya di kampus elit untuk mencapai cita-citanya. Salah satunya adalah Institut Teknologi Georgia. "Mereka memiliki program teknik luar angkasa yang bagus, dan dekat dari rumah," katanya.

Namun, ia juga ingin mengenyam pendidikan di jurusan hukum dan menjadi hakim. Meski, sekarang ia fokus menyelesaikan pendidikannya dengan mendapatkan gelar associate bersamaan dengan menuntaskan pendidikan sekolah menengah atasnya. (Pop)