Umat Islam Aboge Banyumas Salat Idul Adha di Masjid Saka Tunggal

13 Aug 2019 13:28 Nasional

Penganut Islam berpenanggalan Alif Rebo Wage atau Islam Aboge di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah baru merayakan Idul Adha pada hari ini, Selasa 13 Agustus 2019.

Selasa ini jatuh di hari Pasaran Kliwon, tanggal 10 bulan Besar Kalender Aboge. Itu berarti, Lebaran Idul Adha Islam Aboge Desa Cikakak dirayakan selang dua hari setelah ketetapan pemerintah, Minggu 11 Agustus 2019.

Sulam yang merupakan Juru Kunci Generasi ke-12 Masjid Saka Tunggal mengatakan, tak ada yang berbeda soal tata cara atau ritual salat Idul Adha Islam Aboge dengan umat Islam pada umumnya.

Ibadah salat di Masjid Saka Tunggal yakni, masjid yang dibangun sejak ratusan tahun silam, digelar pada pukul 06.30 WIB. Barulah selepas salat, para jamaah berkumpul di masjid dan makan bersama.

Setelah makan bersama, para jamaah kemudian melakukan pemotongan hewan di kompleks masjid. "Perhitungan kalender Abogenya sudah pasti, tidak pakai tanggal, tapi hari dan pasarannya," tutur Sulam.

Perayaan Idul Adha baru hari ini karena memang menggunakan almanak Aboge. Jika berdasarkan penanggalan Aboge, tahun ini merupakan tahun Be Misgi atau Kamis pasaran Legi.

"Awal bulan Haji (Dzulhijjah) jatuh pada Minggu Legi. Dengan demikian, tanggal 10 yang menjadi hari Idul Adha jatuh pada hari Selasa Kliwon," jelas Sulam.

Menurut Sulam, perbedaan tersebut tak menjadi masalah bagi warga setempat. Sesuai keyakinan masing-masing, ada yang mengikuti kalender nasional dan banyak juga yang masih mempertahankan penghitungan dari leluhur.

"Sebagian warga desa sini pengikut Aboge, hampir 80 persen mungkin. Idul Adha ini tidak terlalu ramai, karena banyak yang sekolah dan bekerja," kata Sulam.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini