Ulama pun Harus Kuasai Ekonomi dan Politik, Ini Alasannya

31 Jan 2019 01:32 Khazanah

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengingatkan, Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, jika kaum itu tidak mengubah nasibnya sendiri. Karena itu, manusia harus memulainya dengan jalan memilih pemimpin yang baik.

"Dulu, masjid Nabawi itu kecil tapi bisa menjadi pusat perkembangan Islam sehingga mengalahkan Roma dan Persia. Bahkan, setelah itu Islam sangat superior hingga 700 tahun lamanya. Itu terjadi karena para ulama mampu menguasai ilmu, ekonomi dan politik", kata Zulkifli.

Karena itu, para ulama harus kembali menguasai ekonomi, politik dan pengetahuan, agar bisa kembali jaya seperti dahulu.

"Jangan mau lagi dipisahkan, ulama hanya boleh mengurusi pengajian, tidak boleh mengurusi ekonomi, politik dan pengetahuan", kata Zulkifli Hasan.

"Dulu, masjid Nabawi itu kecil tapi bisa menjadi pusat perkembangan Islam sehingga mengalahkan Roma dan Persia. Bahkan, setelah itu Islam sangat superior hingga 700 tahun lamanya. Itu terjadi karena para ulama mampu menguasai ilmu, ekonomi dan politik", kata Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan sebelumnya, menyempatkan hadir dan menyapa santriwan dan santriwati Panti Asuhan dan Pondok Pesantren (PA PP) Al Mizan Muhammadiyah Lamongan pada Selasa 29 Januari.

Pada bagian lain, Zulkifli mengingatkan, menghadapi tahun politik, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengingatkan bangsa yang maju tergantung siapa yang memimpin. Buktinya Singapura bisa maju karena pemimpinnya baik, padahal Singapura tidak memiliki kekayaan alam.

"Karena itu kita harus pilih calon pemimpin yang amanah, bukan hanya jujur. Bukan hanya tidak nyatut tapi juga memberikan yang terbaik", kata Zulkifli Hasan.(adi)