Risma Akan Menerima Penghargaan Adipura Kencana dari Kursi Roda

14 Jan 2019 09:53 Nasional

Surabaya kembali menerima penghargaan Adipura Kencana. Penghargaan ini akan menjadi yang ke delapan kalinya bagi Surabaya. Penghargaan itu akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Yusuf kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pada puncak petingatan hari lingkungan hidup di Gedung Manggala Wanabakti Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( LHK )  Senin 14 Januari 2019.

Namun akan ada pemandangan yang berbeda. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan menerima penghargaan Adipura dari kursi rodanya. Risma nampaknya belum sembuh benar dari cedera kaki yang dialaminya.

Kepada ngopibareng, Risma mengatakan, penghargaan Adipura Kencana yang akan diterimanya, merupakan hasil kerja keras warga Surabaya dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan masing-masing.

"Saya bangga dengan warga Surabaya yang memiliki kesadaran cukup tinggi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tanpa partisipasi warga, mustahil Surabaya memperoleh Adipura Kencana," kata Risma.

Risma tak ingat berapa jumlah penghargaan yang sudah diterimanya selama menjadi Wali Kota Surabaya. Ia mengatakan itu tidak penting. Kebanggaannya justru terletak pada kepedulian warga Surabaya  terhadap pembangunan kotanya.

"Karena kepedulian warga Surabaya dan kerjasama yang baik dari  seluruh pemangku kepentingan, Surabaya menjadi kota terbaik dan dikenal di seluruh dunia,"ujar Risma.

Bagi warga yang masih setengah hati menjaga kebersihan lingkungan, Risma mengingatkan agar kesadaran menjaga kebersihan itu penting. Penting bagi dirinya sendiri, maupun orang lain.

"Orang yang hidup semaunya sendiri, tidak mau  hidup yang bersih dan tertib akan merasa malu dan rugi  sendiri," ujarnya.

Selain Adipura Kencana, Surabaya juga akan memperoleh penghargaan dalam pemanfaatan dan pengelolahan sampah. Soal penyambutan Adipura Kencana di Surabaya nanti, Risma menyerahkan kepada masyrakat dan instansi terkait, karena penghargaan ini milik masyarakat. (asm)

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini