Menristek/ KA BRIN saat melakukan uji coba Light Rail Transit (LRT), pada Kamis 28 November 2019. (Foto: Dok. BKKP Kemenristek/BRIN)

Uji Coba LRT Menristek Puji Kualitas Kereta Karya Anak Bangsa

Nasional 28 November 2019 18:59 WIB

Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN), Bambang Brodjonegoro menguji coba kereta "Light Rail Transit" (LRT) Jabodebek (Jakarta Bogor Depok Bekasi) dari Stasiun Cibubur-Ciracas, Kamis 28 November 2019

Bambang Brodjonegoro memuji kualitas kereta garapan PT INKA (Persero), perjalanannya serta operasionalnya yang sangat mulus, hampir tidak ada kebisingan dan sangat lancar.

"Ini menunjukan bahwa kemampuan penguasaan riset teknologi dan inovasi putra-putri bangsa Indonesia untuk beberapa teknologi penting perkeretaapian, melalui kolaborasi PT INKA (Persero) yang dengan berbagai lembaga seperti BPPT, LIPI maupun perguruan tinggi, telah tercapai untuk sebagian teknologinya," ujar Bambang Brodjonegoro di Stasiun LRT Cibubur Harjamukti Cimanggis Depok.

Ia menjelaskan Kemenristek/BRIN sangat mendukung pengembangan industri kereta api di Indonesia. Pengujian dimulai dari tahap proses pembuatan gerbong hingga pengoperasian yang dibuat oleh PT INKA (Persero) dengan proses pengujian oleh BPPT dan LIPI.

Kereta LRT ini nantinya akan menghubungkan jalur Cibubur-Cawang-Dukuh Atas, dimana jalur Cawang terhubung ke rute Bekasi.

Kemenristek/BRIN sangat mendukung dalam pengembangan Industri perkeretaapian ke depan, karena dalam Rencana Jangka Menengah Pembangunan Nasional (RPJMN) 5 tahun ke depan akan berkembang.

"Ada 5 kota besar yang membangun sistem transportasi massal berbasis rel/berbasis kereta api, artinya kebutuhan akan kereta api gerbongnya lokomotifnya maupun infrastruktur relnya akan sangat besar," ungkap Bambang Brodjonegoro.

Dalam pengembangan industri kereta api, hal yang perlu diperhatikan selain tingkat komponen dalam negeri kereta, juga kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang perkeretaapian. 

"Unsur Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari LRT khususnya yang lokomotif, buatan dalam negeri. LRT ini murni buatan bangsa Indonesia, gerbongnya dari PT INKA (Persero) sedangkan infrastruktur relnya dari PT Adhi Karya, tetapi teknologinya memang masih beli dari luar negeri," ujar Bambang Brodjonegoro.

Ia juga berharap para teknisi dan karyawan PT INKA (Persero) tidak bergantung semata mata dari teknologi yang telah dikembangkan dari luar negeri. Namun, PT INKA (Persero) dengan kolaborasi dengan peneliti Indonesia baik dari lembaga riset maupun perguruan tinggi diharapkan juga mampu mengembangkan dan menciptakan teknologi kereta api dalam negeri.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan kereta LRT yang telah dibangun oleh PT INKA (Persero) ini telah dilakukan pengujian oleh BPPT baik dari segi sistem persinyalannya serta maupun infrastrukturnya seperti gerbong, sistem kendali, AC dan juga getarannya.

Kemenristek/BRIN mendorong PT. INKA (Persero) untuk bersinergi dengan beberapa industri lokal yang mempunyai potensi untuk mendukung industri perkeretaapian Indonesia ke depan seperti PT Krakatau Steel diharapkan dapat menyuplai material stainless steel, PT Inalum dan PT Alakasa dapat menyuplai ekstrusi aluminium yang keduanya digunakan sebagai material car body. PT Pindad dapat menyediakan generator dan motor traksi. Ke depan, desain maskara untuk kereta cepat dapat dikerjakan bersama PT Dirgantara Indonesia.

Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bidang Infrastruktur Kemenristek/BRIN Hari Purwanto, Deputi Bidang Teknologi Industri dan Rancang Bangun BPPT Wahyu Widodo Pandoe, Direktur Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi BPPT Rizqon Fajar, Direktur SDM Adhi Karya Agus Karianto, Direktur PT INKA (Persero) Budi Noviantoro serta undangan lainnya.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Sep 2020 07:30 WIB

Menristek: Jangan Panik Terhadap Mutasi Virus D614G

Nasional

Menristek jangan takut dengan mutasi virus corona selama memakai protokol.

25 Aug 2020 16:15 WIB

Ulang Tahun ke-53, Menristek Beri Tiga Pesan untuk LIPI

Nasional

Tiga pesan untuk LIPI di hari ulang tahunnya yang ke 53 dari Menristek.

10 Jul 2020 12:10 WIB

Pengembangan Vaksin Covid-19 harus Diikuti Alih Teknologi

Nasional

Indonesia membuka diri untuk kerjasama dengan dunia internasional.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...