Ilustrasi ucapan duka atas tragedi Sriwijaya Air. (Foto: Twitter)

Ucapan Duka dari Pemimpin Dunia atas Tragedi Sriwijaya Air

11 Jan 2021 16:09

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak jatuh di perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu 9 Januari 2021. Pesawat tersebut mengangkut 62 orang yang terdiri atas 12 awak kabin, 40 penumpang dewasa, tujuh anak-anak, dan tiga bayi. Ucapan belasungkawa atas musibah jatuhnya SJY-182 boeing 737-500 disampaikan oleh para pemimpin dunia kepada Presiden Joko Widodo.

Presiden Rusia Vladimir Vladimirovich Putin menyampaikan duka cita diunggah pada situs web Kantor Kepresidenan Rusia, Kremlin. "Terimalah belasungkawa yang tulus atas kematian penumpang dan awak pesawat yang jatuh di dekat pantai Jawa. Mohon sampaikan kata-kata belas kasih dan dukungan kepada korban terdekat dan tersayang," kata Putin, dilansir dari kantor berita Rusia, TASS.

Raja Arab Saudi, Raja Salman juga mengirimkan belasungkawa kepada Jokowi atas kecelakaan tersebut, sebagaimana dilaporkan Saudi Press Agency. "Kami telah mengetahui berita tentang jatuhnya pesawat penumpang di Jakarta Utara, dan kami kirimkan kepada Yang Mulia, dan keluarga almarhum dan saudara-saudara Indonesia kami turut berduka cita dan simpati yang tulus," kata raja, dilansir dari Arab News.

Ucapan yang sama juga dikirimkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) kepada Jokowi dan masyarakat Indonesia. Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA ikut menyampaikan belasungkawa kepada kepemimpinan Indonesia dan masyarakat atas para korban kecelakaan pesawat yang naas tersebut.

Sementara itu, Raja Bahrain Hamad bin Isa Al-Khalifa menyampaikan belasungkawa kepada Jokowi, keluarga para korban, dan masyarakat Indonesia, sebagaimana dilaporkan kantor berita negara BNA. Kantor berita negara Petra melaporkan kementerian luar negeri Yordania juga mengirimkan ucapan belasungkawa kepada keluarga para korban dan menegaskan dukungannya kepada Indonesia selama krisis.

Wakil Perdana Menteri Vietnam dan Menteri Luar Negeri Pham Binh Minh juga mengirim pesan belasungkawa kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi, sebagaimana dilaporkan Nhan Dan. Kementerian Luar Negeri Siprus di Nicosia menyampaikan belasungkawa yang dalam kepada Indonesia atas kecelakaan pesawat Sriwijaya Air.

"Kami terus mengikuti laporan kecelakaan pesawat #SriwijayaAir di dekat #Jakarta dengan sangat sedih," kata sebuah postingan di Twitter, dikutip dari media In-Cyprus.

"Kami menyampaikan simpati kami kepada pemerintah & masyarakat #Indonesia & menawarkan #kasih sayang yang tulus kepada semua yang telah kehilangan orang yang dicintai dalam kecelakaan tragis ini. Pikiran & doa dengan semua yang terpengaruh."