Ucapan Duka Cita untuk Ibunda SBY dari Jokowi dan Prabowo

31 Aug 2019 06:40 Nasional

Keluarga Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali berduka. Belum genap 100 hari meninggalnya istri SBY, Ani Yudhoyono. Kini, sang ibunda, Siti Habibah menghembuskan nafas terakhir saat menjalani perawatan di RS Mitra Cibubur, pada Jumat 30 Agustus 2019 malam.

Ucapan belasungkawa atas kepergian Siti Habibah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wapres Jusuf Kalla (JK) hingga Prabowo Subianto. Sejumlah tokoh mengirimkan karangan bunga untuk menunjukkan belasungkawa atas meninggalnya Siti Habibah.

Karangan bunga itu dijajarkan di depan rumah SBY di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.
Di antaranya dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Prabowo Subianto, Rachmawati Soekarnoputri, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Panglima TNI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Komnas HAM.

"Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Ibu Hj Siti Habibah, (dari) Ir Joko Widodo dan Keluarga” begitu tulisan di karangan bunga kiriman Jokowi.

Pemandangan deretan karangan bunga yang berjajar di sepanjang Puri Cikeas pernah disaksikan publik belum lama ini. Ucapan duka lewat karangan bunga pernah disampaikan untuk Ani Yudhoyono.

Ya, wafatnya Siti Habibah hanya berselang tiga bulan setelah menantunya, Ani Yudhoyono wafat di usia 66 tahun, pada 1 Juni 2019.

Mantan Ibu Negara itu menghembuskan nafas terakhir di National University Hospital, Singapura, dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Saat ini, jenazah Siti Habibah disemayamkan di kediaman pribadi SBY di Puri Cikeas, sembari menunggu kedatangan putra bungsu SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY atau Ibas) yang masih berada di Kairo, Mesir.

Para pelayat yang ada di rumah duka antara lain Hatta Rajasa, Djoko Suyanto, serta Andi Malarangeng. SBY bersama anak sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambut kedatangan jenazah Siti Habibah saat tiba di rumah duka Puri Cikeas.

Jenazah yang dibawa menggunakan mobil ambulance dari RS Mitra Keluarga Cibubur, tiba di rumah duka dengan pengawalan sekitar pukul 22.00 WIB. AHY nampak ikut membopong keranda keluar dari ambulance kemudian dibawa ke dalam rumah diiringi kalimat tahlil.

Selanjutnya, almarhumah akan dikebumikan pada Sabtu siang di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini