UB Sediakan Bus untuk Transportasi Dalam Kampus

28 Jan 2019 17:04 Pendidikan

Universitas Brawijaya (UB) menyediakan fasilitas baru untuk warga kampusnya. Yakni berupa bus untuk transportasi dosen, karyawan maupun mahasiswa di wilayah UB.

Kasubbag Kearsipan dan Humas UB, Kotok Gurito mengatakan bus tersebut disediakan pasca UB mengeluarkan aturan terkait pelarangan transportasi ojek online (ojol) memasuki kampus.

"Mulai hari ini (Senin) berlaku. Bus ini untuk membantu dosen, karyawan dan mahasiswa yang mau masuk UB. Karena ojol sudah tidak bisa masuk UB dan drop di depan gerbang," katanya, Senin 28 Januari 2019.

Setidaknya ada empat kendaraan yang disediakan UB. Antara lain dua minibus, satu Pregio dan satu Kijang. Seluruh kendaraan tersebut beroperasi setiap Senin sampai Jumat sejak pukul 06.00 WIB hingga 16.00 WIB.

"Jadi bus ini disediakan untuk membantu mereka biar nggak capek jalan kaki. Jumlahnya sementara ini cukup segitu dulu. Karena bus itu rotasinya setiap 10 menit rata-rata," jelasnya.

Ada tiga jalur Bus Ub yang disediakan, antara lain:

Jalur 1:
Fakultas Kedokteran - Lapangan Rektorat - Gedung Widyaloka - Fakultas Hukum - Fakultas Ilmu Administrasi - Fakultas Ekonomi - Fakultas Teknologi Pertanian - Gerbang UB Fakultas Kedokteran.

Jalur 2:
Fakultas Kedokteran - Fakultas Pertanian - Fakuktas Peternakan - Fakultas Teknik - Fakultas Hukum - Fakultas Ilmu Administrasi - Bunderan UB - Gerbang UB Fakultas Kedokteran.

Jalur 3 :
Gerbang Veteran dekat Bank BNI - Samantha Krida - Masjid Raden Patah - LPPM - Bunderan UB - Gerbang Veteran dekat BNI.

Sebagai informasi, UB memberlakukan kebijakan baru, yakni menutup akses jalan bagi pengantar maupun penjemput mahasiswa yang masuk ke kampus. Kebijakan ini juga berlaku bagi ojek online.

Bagi warga UB yang mengendarai kendaraan pribadi wajib memasang stiker khusus di kendaraannya masing-masing. Untuk tamu yang berkunjung ke UB, harus meminta kartu tanda masuk pada petugas keamanan kampus yang berjaga di pintu gerbang.

Kebijakan ini sendiri dilakukan oleh UB sebagai upaya untuk menjaga keamanan kampus. Hal itu untuk mengantisipasi kehilangan sepeda motor ataupun barang lain milik warga UB. (umr)

Reporter/Penulis : Umar Alfa
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini