Bundaran Tugu Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

UB Peringkat 5 Nasional Kampus Pembangunan Berkelanjutan

Pojok Unibraw 23 April 2020 18:36 WIB

Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur menduduki peringkat kelima se-Indonesia sebagai kampus yang memberikan kontribusi dalam pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goal's versi lembaga pemeringkatan The Impact.

Secara internasional, UB masuk dalam peringkat 201-300. Lalu juga ada kampus lain seperti Universitas Indonesia (UI) berada di posisi 47, Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di posisi 72, dan Universitas Padjadjaran (Unpad) di posisi 101-200.

Aspek penilaian yang menjadi kriteria dari The Impact meliputi No Poverty, Zero Hunger, Life on Land, dan Sustainable Cities and Communities. Dalam kategori penilaian tersebut, ranking tertinggi UB ada pada posisi Zero Hunger.

Zero Hunger sendiri merupakan upaya perguruan tinggi dalam mengurangi kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi serta upaya dalam mendukung pertanian berkelanjutan.

Ketua Pemeringkatan Internasional UB, Setyawan Purnomo Sakti mengatakan, bahwa pemeringkatan yang dilakukan The Impact dalam kategori ini merupakan hal baru dalam dunia internasional terutama di dunia pendidikan tinggi.

"The Impact Ranking ini melihat pada bagaimana peran sebuah perguruan
tinggi pada negara dan masyarakatnya. Peran perguruan tinggi tersebut bisa dilihat pada aspek publikasi, inovasi, aksi kegiatan hingga bagaimana hal tersebut memberi dampak ke masyarakat," ujarnya pada Kamis 23 April 2020.

Dalam hal ini, terang Setyawan, The Impact ranking memberikan kesempatan sebuah universitas yang mempunyai peran bagus di masyarakat bisa memiliki reputasi yang baik.

"Kalau kita melihat dari aspek pemeringkatan konvensional, seperti The World Ranking dan QS, mereka hanya melihat dari ouput riset dan mayoritas yang mendominasi adalah universitas-univertsitas besar," tuturnya.

Rektor UB, Nuhfil Hanani mengatakan ia sangat bangga dengan prestasi UB atas pencapaiannya yang masuk dalam pemeringkatan 5 besar nasional versi The Impact.

"Hal ini merupakan prestasi luar biasa. Sebelumnya UB tidak pernah
masuk ke peringkat The Impact Ranking," tuturnya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 16:59 WIB

Isi Bensin Mobil Wapres dari Jerigen, Bukan Eceran Tapi…

Human Interest

Mobil Wapres Ma’ruf Amin kehabisan bensin di pinggir jalan.

11 Jul 2020 16:45 WIB

Sinopsis Battleship: Misi Rihanna Kalahkan Alien di Perairan

Film

Film Battleship bercerita tentang manusia melawan alien.

11 Jul 2020 16:35 WIB

Lainnya Pelonggaran, Kota Ini Malah Lockdown Ketat

Internasional

Bogota di Colombia menerapkan lockdown ketat di sejumlah wilayah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...