Proses digitalisasi bangunan bersejarah di Balai Kota Malang (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Arsipkan Bangunan Bersejarah, UB Pindai Gedung Tua di Malang

Pojok Unibraw 06 August 2020 15:55 WIB

Tim peneliti dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur melakukan digitalisasi bangunan bersejarah di Kota Malang. Di antaranya, Gereja Ijen, Gereja Kayutangan, Gedung PLN, SMAK Frateran, Balai Kota Malang, dan Alun-alun Tugu.

Ketua Tim Peneliti, Hary Santosa, mengatakan digitalisasi bangunan bersejarah tersebut dilakukan menggunakan alat 3D laser scanning. "Diperuntukkan bagi pengembangan aset bangunan bersejarah di Kota Malang," tuturnya pada Kamis 6 Agustus 2020.

Melalui alat laser 3D tersebut konstruksi bangunan akan terekam ke dalam alat tersebut. Setelah itu, konstruksi bangunan tersebut akan disimpan dalam bentuk digital. "Tujuannya adalah untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu bangunan roboh atau ada yang hancur. Pemkot Malang memiliki rekonstruksi bangunan yang bagus," jelasnya.

Selain, berfungsi merekam konstruksi bangunan, alat tersebut juga memberikan georeferensi atau merekam titik koordinat sebuah bangunan. "Sehingga ketika ada bangunan bersejarah yang sewaktu-waktu hancur, pihak bersangkutan tahu titik pembangunannya di mana," katanya.

Hary menyatakan pada zaman dulu, posisi bangunan bersejarah masih dikelilingi oleh ruang terbuka. Namun, di zaman sekarang karena semakin padatnya penduduk, bangunan bersejarah kadang berhimpitan dengan bangunan lain. "Pertumbuhan penduduk tinggi, dampaknya adalah polusi-polusi kendaraan yang bisa merusak material bangunan cagar budaya," ujarnya.

Atas fenomena tersebut, Hary mengatakan, maka bangunan sejarah rawan mengalami kerusakan dan digitalisasi bangunan perlu dilakukan.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

Terbaru

Lihat semua
01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...