Universitas BrawijayaUB Juara Umum Festival Nasional Reog Ponorogo 2018

13 Sep 2018 13:11 Pendidikan

Universitas Brawijaya (UB) kembali mengukir prestasi di ajang nasional. Lewat tim penari Reog Brawijaya yang terdiri dari 55 mahasiswa, UB meraih juara umum pada Festival Nasional Reog Ponorogo XXV 2018.

Festival Nasional Reog Ponorogo ini diikuti oleh puluhan grup Reog dari berbagai daerah. Festival ini digelar sejak 6 hingga 10 September 2018 di Panggung Utama Alun-alun Kabuparen Ponorogo, Jawa Timur.

Ketua Reog Brawijaya, Afwan Hajar Rosyid mengaku sangat bersyukur dengan prestasi ini. Sebab, timnya mampu mempertahankan juara umum yang juga diraih pada kompetisi yang sama tahun sebelumnya.

“Kami sudah mempersiapkan jauh sebelumnya. Kami juga rutin melakukan latihan serta persiapan untuk kompetisi ini. Sekitar bulan Januari kami sudah mulai berproses,” katanya, Kamis 13 September 2018.

Sejumlah penghargaan yang didapat UB dalam festival tersebut antara lain Penyaji Terbaik Ranking 1, Penata Musik Terbaik, dan Penata Tari Terbaik. Raihan tersebut mengantarkan UB menjadi juara umum.

Reog Brawijaya mengemas penampilan dengan inovasi alur garap, komposisi pola lantai, musik dan kombinasi gerak. Selain penari, Reog Brawijaya juga melibatkan tim produksi beranggotakan 25 mahasiswa.

“Saya pribadi berharap Reog Brawijaya tetap kompak, semangat, bersatu untuk almamater, dan menjadi suatu pengembang serta pelestari budaya di tingkat internasional,” pungkasnya.

Festival ini diikuti oleh puluhan peserta dari jenjang SMA/SMK hingga umum. Turut hadir pula dalam festival ini, Wakil Rektor 3 UB, Prof Dr Ir Arief Prajitno serta para Wakil Dekan UB, dan Pembina Reog Brawijaya.

Tim Reog Brawijaya Foto  Istimewa
Tim Reog Brawijaya. (Foto: Istimewa)
Penulis : Umar Alfa
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini