Panggung hiburan dalam acara Car Free Day, Universitas Brawijaya, pada Jumat 23 Agustus 2019 (Theo/ngopibareng.id)

Universitas Brawijaya Mulai Gencar Kampanye Green Campus

Pojok Unibraw 23 August 2019 14:22 WIB

Univeritas Brawijaya (UB) Malang Jawa Timur menggelar Car Free Day (CFD) Jumat 23 Agustus 2019 di depan gedung rektorat. Melalui acara CFD tersebut UB ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa UB merupakan green campus. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Rektor IV UB, Sasmito Djati, penggagas UB Green Campus.

"Melalui CFD itu sebenarnya adalah ide untuk menggugah segenap civitas akademika untuk berpikir green,"uturnya.

Ia menuturkan melalui CFD ini juga mengkampanyekan gerakan zero waste atau tanpa sampah. "Sehingga tadi salah satunya kita kampanye kan gerakan tanpa sedotan untuk mengurangi sampah plastik," jelasnya.

Menurut Sasmito plastik adalah salah satu sampah yang sulit untuk diurai, maka dengan salah satu cara tersebut ia berharap dapat merawat kelestarian alam.

"Padahal dulu kita tidak mengenal plastik. Kita minum tinggal pakek gelas, bungkus makanan pakai daun pisang. Sekarang kita tidak bisa lepas dari plastik. Nah itulah yang kita kampanyekan tadi kepada para civitas akademika di UB," tuturnya.

Selain melalui CFD, Sasmito berencana akan menggelar Green Faculty Award untuk semakin menggugah mahasiswa berpikir green.

"Di acara tersebut nanti mahasiswa kita suruh sebagai evaluator. Misalnya mereka menghitung berapa penggunaan listrik, penggunaan air dan segala macam,"terangnya.

Namun menurut Sasmito mengenai penggunaan listrik, tidak bisa disamaratakan untuk semua fakultas.

Ia mencontohkan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang menggunakan listrik lebih besar untuk kebutuhan praktikum dibandingkan dengan fakultas dari soshum.

"Untuk ranah akademik sendiri saya tidak ingin Green Campus menjadi mata kuliah tersendiri, saya meyakini bahwa tiap-tiap mata kuliah itu ada unsur green di sana," ujarnya

Acara CFD yang digelar oleh UB tadi, dimulai pada pukul 6 pagi sampai 9 pagi. Terlihat juga ada stand-stand makanan di samping bundaran UB. Serta panggung hiburan juga disediakan oleh panitia.

UB mulai mencanangkan diri menjadi green campus sekitar tahun 2016, ketika Rektor dijabat oleh Mohammad Bisri.

Sejak tahun tersebut sampai saat ini UB terus menggencarkan diri sebagai green campus melalui acara CFD salah satunya, yang baru digelar pada tahun ini.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Jun 2020 08:40 WIB

Kemarin, Tes Rapid bagi Kepsek dan Corona Malang Malah Bertambah

Jawa Timur

Berita kemarin. Kepala sekolah akan dites Covid-19 dan persiapan New Normal

01 Jun 2020 22:53 WIB

Transisi, Covid di Kabupaten Malang Bertambah 6 Kasus Sehari

Jawa Timur

Kabupaten Malang menjalani masa transisi new normal.

01 Jun 2020 20:57 WIB

Hari Ke-2 Masa Transisi, Mal di Malang Tak Patuhi SOP Kesehatan

Jawa Timur

Salah satunya tidak ada buku tamu

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...