Tutup Tahun, Puluhan Personel Polresta Malang Kota Naik Pangkat

31 Dec 2019 17:34 Jawa Timur

Menjelang akhir tahun 2019, puluhan personel Polresta Malang Kota mendapat berkah, dengan kenaikan pangkat. Terhitung mulai 1 Januari 2020 puluhan personel tersebut resmi menjabat pangkat baru.

Dalam prosesi pengesahan kenaikan pangat baru tersebut puluhan personel Polresta Malang Kota, melakukan sujud syukur di halaman Mapolresta Malang Kota.

Saat melakukan sujud syukur tersebut puluhan personel tersebut lalu disiram dengan menggunakan water cannon sebagai bentuk perayaan atas kenaikan pangkat.

Total ada 52 orang personel yang mendapat kenaikan pangkat, antara lain yaitu 7 orang pangkat pengabdian, 9 orang pangkat Perwira Pertama, dan 46 orang pangkat Bintara.

Wakapolresta Malang Kota, Kompol Ari Trestiawan mengatakan, kenaikan pangkat adalah hak dan anugerah setiap anggota Polri.

Menurut Ari, kenaikan pangkat merupakan salah satu bentuk penghargaan atas prestasi yang telah diukir anggota Polri sesuai dengan bidang tugas dan tanggungjawabnya.

“Semoga dengan kenaikan pangkat ini bisa meningkatkan kinerja, menambah profesionalisme dan menambah kebahagiaan dalam keluarga,” ujarnya pada Selasa 31 Desember 2019, di halaman Mapolresta Malang Kota.

Ia berharap, anugerah yang disematkan kepada anggota ini menjadi pemacu semangat dan motivasi bagi anggota dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian.

"Semakin tinggi pangkat tentunya akan semakin besar pula tanggung jawab dan bebas tugasnya serta mampu menjadi teladan bagi yang lain," terangnya.

Maka dari itu kata Ari, tiap personel dituntut untuk meningkatkan kemampuan individu, agar tindakan yang dilakukan sesuai fungsi dan peran yang diemban.

"Sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan menghormati hak asasi manusia," tuturnya.

Seperti diberitakan oleh ngopibareng.id sebelumnya selain Polresta Malang Kota. Menjelang tahun baru, sebanyak 3.857 anggota polri yang berada di wilayah Jawa Timur mendapat hadiah berupa kenaikan pangkat baru.

Prosesi pengesahan dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, di Mapolda Jatim, Surabaya, Senin 30 Desember 2019.

Dalam proses tersebut, secara simbolis Kapolda mengesahkan sekitar 1.030 anggota dari Polda Jatim, Polrestabes Surabaya, Polres Tanjung Perak, Polres Sidoarjo, dan Polres Gresik.

Prosesi berlangsung dalam suasana suka cita, suami maupun istri para anggota dengan haru dan sumringah menyematkan pangkat di pundak sekaligus memberikan bunga sebagai tanda kasih.

Tak ketinggalan, Kapolda Jatim semakin menambah haru dengan lagu Terima Kasih Cinta yang ia persembahkan khusus kepada para anggota yang mendapatkan kenaikan pangkat dan keluarganya. Serta ada parade kembang api yang menyemarakkan kegiatan ini.

Sebagai puncak pengesahan, para anggota disiram air dari sekitar empat mobil watercanon dan dua mobil pemadam kebakaran. Selama penyiraman, sajak perjuangan dan pengorbanan dibacakan untuk mengiring semangat para anggota dalam bertugas dengan pangkat baru.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini