Tutup Debat, Sandi Lima Kali Mencium Tangan Ma'ruf Amin

17 Jan 2019 22:55 Politik

Debat perdana pemilihan presiden 2019 akhirnya selesai. Debat yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis 17 Januari 2019 malam ditutup dengan statemen penutup yang dimulai dari penyampaikan Calon Presiden No 01 Joko Widodo kemudian dilanjutkan oleh Calon Presiden No 02 Prabowo Subianto.

Usai penyampaikan pernyataan penutup, Jokowi-Ma'ruf tampak langsung mendatangi Prabowo-Sandiaga Uno untuk saling bersalaman. Jokowi dan Prabowo lantas bersalaman dan cipika-cipiki.

Sedangkan Sandiaga Uno tampak menyalami Ma'ruf Amin dengan beberapa kali mencium tangannya. Setidaknya lima kali Sandi mencium tangan Ma'ruf Amin. Aksi cium tangan Sandi ini setidaknya juga terpantau sebelum debat dimulai.

Sementara itu dalam closing statementnya, Jokowi menutupnya bahwa tidak ada bebann masa lalu di kepemimpinannya. "Jokowi-Amin akan pertaruhkan jabatan dan reputasi dan akan kami gunakan semua kemampuan yang kami miliki untuk perbaikan bangsa ini," kata Jokowi.

Sedangkan Prabowo mengungkapkan tekadnya untuk menutup dan mencari jalan keluar dari banyaknya kebocoran keuangan negara. (man)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini