Pembalap Ferrari Charles Leclerc. (Foto: Dok. Ferrari)

Turun 3 Posisi, Penalti Leclerc dan Lando Norris di F1 GP Styria

F1 12 July 2020 12:36 WIB

Pembalap Ferrari Charles Leclerc bernasib kurang baik. Dia akan memulai seri balapan di posisi ke-11 F1 GP Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada Minggu 12 Juli 2020 pukul 20.10 waktu setempat.

Mengutip situs resmi F1, GP Styria tidak bisa disebut GP Austria meskipun berlangsung di tempat yang sama. Hal itu disebabkan karena regulasi yang mengharuskan setiap balapan memiliki nama berbeda apabila dilangsungkan di tempat yang sama dalam waktu dekat pada musim yang sama. Maka dari itu, seri kedua F1 2020 dinamakan GP Styria sesuai di mana Red Bull Ring berada yakni di Graz yang merupakan ibu kota Styria.

Jika pada balapan perdana GP Austria, pada 3-5 Juli 2020, Leclerc berhasil merebut podium kedua. Kini, pria 22 tahun itu gagal lolos ke sesi kualifikasi ketiga sehingga akan memulai balapan dari posisi ke-11.

Pebalap kelahiran 16 Oktober 1997 ini diganjar penalti mundur tiga posisi karena dianggap menghalangi pembalap Alpha Tauri Daniil Kvyat. "Leclerc, pembalap 16 mengakhiri kualifikasi yang diguyur hujan lebat itu di P11, dan Minggu ini dia akan start dari P14 setelah steward mendapatinya menghalang pembalap 26, Kvyat di Q2," demikian keterangan dikutip dari laman resmi F1, Minggu 12 Juli 2020.

Mundurnya posisi sang pembalap Monako itu mengakibatkan George Russell dari tim Williams maju satu posisi ke P11, dan Lance Stroll dan Kvyat juga naik satu posisi.

Pembalap McLaren Lando Norris Foto Dok McLarenPembalap McLaren Lando Norris. (Foto: Dok. McLaren)

Nasib sial juga dialami Lando Norris. Dia juga mendapat penalti mundur tiga posisi start karena kedapatan tidak mempelambat mobilnya ketika bendera kuning dikibarkan dalam sesi latihan.

Pembalap McLaren itu finis P6 harus mundur ke P9, menguntungkan Alexander Albon (Red Bull), Pierre Gasly (Alpha Tauri), dan Daniel Ricciardo (Renault) yang masing-masing naik satu posisi.

Sesi kualifikasi sebenarnya hampir dibatalkan lantaran cuaca disekitar sirkuit tak bersahabat. Hujan deras yang turun sejak siang bahkan membuat sesi latihan bebas ketiga ditiadakan dan langsung dilanjutkan ke sesi kualifikasi.

Atas alasan keamanan, para pembalap sempat tidak diperbolehkan untuk turun ke lintasan untuk melakoni sesi latihan terakhir sebelum balapan F1 GP Styria 2020 yang dihelat pada Minggu 12 Juli 2020.

Namun, setelah ditunda hampir 30 menit, race director akhirnya memastikan lintasan dalam kondisi baik dan cuaca sudah mulai memungkinkan untuk dimulainya sesi kualifikasi pertama hingga ketiga.

Berbeda nasib dengan kedua lawannya tersebut, Lewis Hamilton berhasil mencatatkan waktu tercepat di sesi kualifikasi ketiga F1 GP Styria. Dengan begitu, pembalap Mercedes AMG Petronas itu akan berada di urutan terdepan. Dia mencatat waktu 1 menit 19,273 detik, dan berhak berada di pole position.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 21:16 WIB

Jula Juli Ala Mujiaman Curi Perhatian di Deklarasi Kampanye Damai

Pilkada

Calon Wakil Walikota Mujiaman berkomitmen akan hidupkan kesenian Surabaya.

26 Sep 2020 21:11 WIB

Banyuwangi Punya Destinasi Dermaga Kapal Yacht

Ekonomi dan Bisnis

Jaring wisatawan menengah ke atas pemilik yacht.

26 Sep 2020 20:33 WIB

Sebelum Izin Dicabut, Empat RHU Sudah Dipasang Garis Satpol PP

Surabaya

Beberapa RHU nekat buka, meski telah diberi garis Satpol PP.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...